Cara Memasang Widget Recomendations Facebook di Blogger

11/01/2011

Dalam sebuah bisnis, rekomendasi adalah termasuk faktor yang sangat penting dalam mencapai sebuah keberhasilan dalam pemasaran. Apalagi kalau yang merekomendasikan adalah teman yang kita kenal, tentu kita bisa lebih memepercayai. Karena kita sudah tahu kredibilitasnya. Dibandingkan dengan rekomendasi atau promosi dari si pemilik produk.

Nah Disini, kita akan membuat sebuah widget rekomendasi dari teman-teman terdekat dengan memanfaatkan App Facebook. Ya, facebook memang media yang sangat tepat untuk ini. Bisa dipastikan para pemilik akun facebook pastilah sudah memiliki banyak teman mengenal teman-temannya. Sehingga kita bisa memanfaatkan rekomendasi dari hubungan pertemanan mereka untuk menjaring pasar seluas-luasnya.

Fungsi dari Widget Recommendation dari Facebook ini adalah untuk menampilkan artikel atau halaman tertentu pada sebuah blog/situs yang direkomendasikan oleh para pengguna Facebook, lengkap dengan tampilan jumlah share pada masing-masing halaman tersebut. Dan bila seorang pengguna Facebook sedang dalam kondisi login, mereka bisa melihat mana saja artikel sudah direkomedasikan (dishare) oleh teman mereka di Facebook pada situs / blog tersebut.

Pada sebuah toko online, Widget ini cukup berguna untuk menunjukkan mana saja produk yang banyak direkomendasikan atau disukai para pengguna Facebook, sehingga mereka (pengunjung yang juga pengguna Facebook) bisa lebih mudah menelusuri produk-produk menarik di sebuah blog/toko online. Keuntungan buat pemilik blog/website cukup jelas, yaitu visitor dari Facebook bisa lebih lama berada di situsnya.

Memasang Widget Recommendation Facebook pada Blogger

Langsung saja anda copy-paste kode HTML berikut ini pada sidebar atau terserah dimana saja di dalam sebuah blog anda.

<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/recommendations.php?site=inimu.com&amp;width=300&amp;height=300&amp;header=true&amp;colorscheme=light&amp;font=arial&amp;border_color=%2523637BAD" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:300px; height:300px;" allowTransparency="true"></iframe>

Anda harus mengedit alamat domain pada teks yang berwarna merah dengan alamat situs/blog anda. Anda juga bisa mengedit nilai width/lebar dan height/tinggi (teks berwarna biru) untuk disesuaikan dengan layout pada blog anda. Kalau mau kita bisa juga mengedit header (true/false), colorscheme (light/dark), dan juga font. Pilihan kode selengkapnya bisa dilihat pada halaman Facebook Developers (buka di sini).

Sayangnya, apabila kita ingin menampilkan jumlah artikel yang lebih banyak pada widget ini (yaitu dengan mengubah nilai height tertentu misalnya menjadi 1000) dengan menggunakan kode HTML yang diberikan dari situs Facebook tersebut, widget yang ditampilkan jadi terlalu panjang, tanpa adanya handle scrolling/scroll bar, seperti pada screenshot di bawah ini.
Tentu saja dengan sedikit memodifikasi kodenya, kita bisa merubahnya, misalnya dengan menambahkan tag div seperti pada contoh di bawah ini.

Memodifikasi Kode Widget Recommendation Facebook

Di bawah ini adalah contoh pemasangan widget Facebook Recommendation dengan nilai height 1000 dan width 500, yang ditempatkan di dalam tag div dengan width 535px dan height 300px, agar tidak terlalu tinggi, tapi dilengkapi dengan handle untuk scrolling agar bisa melihat keseluruhan konten widget.

*
Kode lengkapnya adalah seperti ini:

<div style="width:535px; height:300px; overflow:auto; margin:auto; padding:5px; border:1px solid #cccccc; background-color:#eeeeee; text-align:center;">
<iframe src="http://www.facebook.com/plugins/recommendations.php?site=inimu.com&amp;width=500&amp;height=1000&amp;header=true&amp;colorscheme=light&amp;font=arial&amp;border_color=%2523637BAD" scrolling="no" frameborder="0" style="border:none; overflow:hidden; width:500px; height:1000px;" allowTransparency="true"></iframe>

</div>

Silahkan kalau anda ingin memodifikasi tag div tersebut, terutama nilai height dan width. Nilai height dan width pada tag div tersebut perlu disesuaikan juga dengan nilai height dan width pada widget.

Selamat mencoba

Sumber

All posts here about online store, tips, tricks, SEO, Store Service, store builder with Blogspot, Wordpress or Opencart.
Contact me if You need help or more question about service. Enjoy reading.....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »