Tips Blogger Template Toko Online agar Lebih SEO Friendly

2/14/2012

Tips Template Toko Online SEO Friendly - Ketika kita memilih membuat toko online dengan blogger atau blogspot, maka kita juga harus bersiap-siap untuk mengoptimasinya dari sisi SEO (Search Engine Optimation). Bahkan sedikit lebih keras dibandingkan jika kita membangun toko online dengan memakai platform wordpress. Dimana, untuk melakukan optimasi sudah banyak tersedia bermacam plugin. Dari yang gratisan hingga premium.

Tips yang akan saya coba tulis disini hanya merupakan salah satu cara agar situs toko online yang kita bangun dengan blogger bisa meningkatkan SERP (apa itu SERP silakan browsing di Google). Pada prinsipnya optimasi SEO pada blogger dimulai dari optimasi template yang kita pakai agar SEO Friendly. Jadi di sini saya akan memberikan beberapa tips agar template yang kita gunakan untuk berbisnis toko online bisa memenuhi kaidah SEO. Oke, langsung saja saya bahas Tips agar Blogger Template Toko Online kita SEO Friendly :

Sebelumnya tentu saja anda harus login dulu ke akun blogger anda dan menuju ke tab template lalu klik bagian edit HTML dan jangan lupa melakukan backup buat jaga-jaga dan centang bagian expand template widget .

1. Halaman Judul/Page Title
Format halaman judul/page title blogger biasanya adalah : JUDUL BLOG : JUDUL POSTING, supaya blog lebih disukai google, maka format page title yang standart harus kita rubah menjadi : JUDUL POSTING | JUDUL BLOG. Caranya bisa anda baca DISINI.

2. Menambahkan Meta keyword dan deskripsi
Google sangat menyukai blog yang memiliki tema dan konten yang jelas. Jadi , anda harus memberikan tag yang lazim disebut sebagai meta tag. Caranya, tambahkan kode di bawah ini sebelum kode <b:skin><![CDATA[/*

<b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'>
<meta name="description" content="Deskripsi Blog anda" />
<meta name="keywords" content="Kata kunci , kata kunci, kata kunci, kata kunci , kata kunci" />
</b:if>

kemudian simpan/save

3. Pasang Related Post.
Related post sangatlah disarankan untuk SEO terlebih lagi untuk pengunjung anda. Ada banyak cara untuk memasang related ini. Saya sudah menuliskan caranya, ada related yang hanya berupa tulisan (baca DISINI) dan ada juga yang berupa gambar dan tulisan (baca DISINI).

4. Pasang Breadcrumbs.
Breadcrumbs merupakan navigasi menu diatas postingan. Untuk “ Cara membuat menu breadcrumbs” sudah banyak sekali dibahas di berbagai blog SEO. Anda bisa googling untuk mendapatkanya. Saya sengaja tidak membahasnya lebih rinci karena sudah banyak sekali blog yang membahasnya.

5. Matikan setting archive
Begini alasannya :
jika anda membuat sebuah blog (tentu saja di blogger.com), kemudian anda membuat 3 posting, 1 posting per harinya. Di halaman utama blog anda akan muncul 3 posting dan juga akan muncul sebuah link arsip dengan alamat url seperti ini, http://BLOGSOBAT.blogspot.com/2007_03_01_archive.html, nah, di halaman arsip tersebut otomatis akan memunculkan 3 posting yang isinya tentu saja sama dengan yang muncul di homepage.
Kesimpulannya seperti ini, ada 2 link menuju pada 2 halaman berbeda akan tetapi punya konten yang sama. Bagi google (atau search engine lain) ini tentu saja menjadi masalah yang serius. Maka, sebaiknya opsi archive di non-aktifkan, berikut caranya : sesudah login lalu klik tab setting >> Archiving >> di bagian Archiving frequency ubahlah menjadi no archive. >> kemudian save/simpan setting.

Namun jika anda tidak ingin menonaktifkan fungsi arsip dan hanya ingin agar link archive tidak ditelusurioleh google, pasang kode berikut ini tepat di bawah kode <head> :

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if>

6. Tambahkan kode ‘rel=canonical’
Fungsinya adalah untuk menghindari duplikat konten, karena google sangat tidak mentolerir duplicate content. Berikut caranya, setelah login ke blogger, masuk ke edit html tambahkan kode berikut ini tepat setelah kode <head>

<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical' />

Save/simpan template

7. Tag Heading
Posting yang sangat disukai oleh Google adalah posting atau judul yang memiliki tag H1. Agar template anda memiliki format tag H1, anda bisa mengubah ukuran judul posting dengan tag H1. Berikut caranya, carilah kode seperti berikut ini:

<b:if cond='data:post.title'>
<h3 class='post-title entry-title'>
<b:if cond='data:post.link'>
<a expr:href='data:post.link'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<b:if cond='data:post.url'>
<a expr:href='data:post.url'><data:post.title/></a>
<b:else/>
<data:post.title/>
</b:if>
</b:if>
</h3>
</b:if>

Kemudian untuk kode yang dicetak tebal(warna orange) hapuslah dan ganti h3(atau pada beberapa template menggunakan h2) menjadi h1. Slenjutnya tambahkan kode berikut ini tepat sebelum kode ]]></b:skin>

h1.post-title, .post h1 #Blog1 h1, #Blog2 h1 { font-size:1.5em; }

Meskipun sedikit, sepertinya beberapa tips SEO untuk template blogger tersebut cukup bermanfaat untuk meningkatkan SERP Blog anda di mesin pencari, utamanya google.

Selamat mencoba

Semoga bermanfaat

All posts here about online store, tips, tricks, SEO, Store Service, store builder with Blogspot, Wordpress or Opencart.
Contact me if You need help or more question about service. Enjoy reading.....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »