Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Tips Cara Setting Permalink SEO Friendly pada Blogger

permalinkCara Setting Permalink SEO Friendly pada Blogger / Blogspot. Setelah beberapa kali mencari cara untuk mengubah permalink SEO friendly di Blogger (tentu saja berlaku juga untuk toko online), akhirnya dari pengalaman dan beberapa tips hasil blogging, Saya mendapatkan tips untuk membuat permalink Blog kita di Blogger lebih SEO friendly. Sebagaimana menurut kaidah SEO, permalink memiliki kedudukan yang sangat penting di dalam bagian SEO sebuah blog. Bisa dikatakan permalink adalah ujung tombaknya blog. Karena permalink  menentukan alamat sebuah postingan, dan tentu saja harus memiliki keyword yang sudah kita bidik. Agar mesin telusur bisa membaca dengan sempurna, sehingga lebih meningkatkan SERP blog kita.

Sayangnya blogger tidak memberikan banyak peluang bagi usernya untuk melakukan editing permalink, contoh setting permalink dari blogger adalah sbb:

http://namabloganda.blogspot.com/2012/02/judul-blog-atau-toko-online.html

Kata yang berwarna merah dari contoh permalink di atas adalah judul blog anda. namun, sayangnya blogger membatasi karakter dari permalink. Yaitu tidak lebih dari 40 karakter. Sehingga kita memeiliki keterbatasan dalam ini. Jadi apabila anda memiliki sebuah judul postingan (atau bisa juga produk di toko online) sbb :

Cara Gampang Bikin Related Post Dengan Gambar di Blogger Memanfaatkan Widget LinkWithin

maka  permalink dari judul blog tersebut adalah :

http://namabloganda.blogspot.com/2012/01/cara-gampang-bikin-related-post-dengan.html

Dan akibatnya permalink dari posting blog menjadi tidak SEO Friendly. Karena adanya pemotongan kalimat yang tidak pas dan maksud judul menjadi tidak jelas. Serta adanya beberapa keyword yang hilang. Dan ujung-ujungnya SERP blog di mesin pencari menjadi tidak maksimal.

Lalu dengan berbagai keterbatasan yang diberikan oleh blogger, adakah solusinya? Kalau yang dimaksud solusi adalah dengan menghack script template blogger-nya, maka jawabannya sampai saat ini adalah tidak ada. Namun ada solusi yang sangat sederhana untuk pemecahan masalah tersebut. Berikut tipsnya :

1. Pertama, pada saat kita membuat sebuah postingan baru di blog, tulislah dulu isi postingan.

2. Selanjutnya, setelah anda rasa cukup, baru anda tulis bagian judul postingan dengan beberapa kaidah sbb.: karakter jangan melebihi 40 , kata jangan melebihi 6 (enam), usahakan judul mencakup semua isi posting anda. Atau bisa juga anda membuat draft judul yang panjang dulu, contohnya sbb.:

Tips Memasang Breadcumb di Blogger Template untuk Toko Online

Kemudian, anda singkat judul tersebut dengan aturan yang saya sebutkan sebelumnya tanpa mengurangi esensi tulisan anda, menjadi:

 Memasang Breadcumb di Blogger Template

3. Setelah itu, save dan publish postingan tersebut. Dari contoh di atas hasil permalink adalah seperti ini :

http://namabloganda.blogspot.com/2012/02/memasang-breadcumb-di-blogger-template.html

4. Langkah selanjutnya adalah segera melakukan editing postingan yang baru saja anda terbitkan tadi, dan ganti judul postingannya dengan judul yang panjang (judul yang sudah anda bikin draft sebelumnya). kemudian save dan publish/terbitkan.  

Dengan demikian permalink dan judul postingan sudah sangat memenuhi kaidah SEO alias SEO friendly, sehingga SERP-nya pun sangat disukai google. Peluang untuk berada di halaman utama pencarian tentu saja semakin besar.

Cukup sederhana bukan..?

Selamat mencoba.