Tips Membangun Backlink Dahsyat dengan DMOZ

3/02/2012

daftar DMOZ
Tips Membangun Backlink Dahsyat dengan DMOZ -- Tidak seperti situs direktori lainnya, DMOZ (Directory Mozilla Project), atau sering juga dikenal dengan ODP (Open Project Directory) merupakan kumpulan direktori mengenai websites dan webpages yang besar dan terkategori. DMOZ dikelola oleh sukarelawan. Semua search engine besar seperti Alexa, Yahoo, AOL, Lycos, Teoma, Hotbot dan bahkan Google pun tunduk kepada DMOZ. jadi, hampir bisa dipastikan semua situs populer sudah terdaftar di dalam direktori ini. Bisa juga dikatakan bahwa DMOZ adalah pemberi backlink paling 'dahsyat' untuk sebuah situs.

Namun, untuk bisa masuk ke 'lingkaran' direktori DMOZ ini bukan perkara mudah. Banyak Blogger yang sudah beberapa kali mencoba mendaftar selalu 'mental' alias ditolak. Biasanya, penolakannya tanpa konfirmasi. Namun tidak jarang sebuah situs bisa langsung diterima di DMOZ (biasanya butuh waktu 1-2 minggu). Situs ini butuh waktu sekitar 1 minggu untuk bisa diterima di DMOZ.
DMOZ submission

Berikut ini adalah kutipan resmi dari DMOZ mengenai submit/pendaftaran sebuah situs:
An ODP editor will review your submission to determine whether to include it in the directory. Depending on factors such as the volume of submissions to the particular category, it may take several weeks or more before your submission is reviewed. Please only submit a URL to the Open Directory once. Again, multiple submissions of the same or related sites may result in the exclusion and/or deletion of those and all affiliated sites.
Memang tidak ada patokan yang pasti. Kemungkinan besar disebabkan oleh pereview/juri website yang memutuskan diterima atau tidaknya sebuah situs di DMOZ adalah manusia. Bukan mesin. Namun, yang jelas jika situs anda mengandung pornografi, kekerasan, dan hal-hal sejenisnya, saya jamin langsung ditolak tanpa konfirmasi. Bahkan tidak jarang, sebuah situs yang sangat bagus sekalipun bisa ditolak, karena terlalu banyak menampilkan iklan dan link afiliasi di situsnya. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda untuk agar diterima di DMOZ :
  1. Buatlah konten situs anda sebaik mungkin. Pikirkan azas manfaat. Maksudnya adalah seberapa bermanfaatkah situs anda bagi orang lain. Semakin dibutuhkan isi/konten situs anda, maka nilai situs akan semakin tinggi di mata reviewer DMOZ.
  2. Hindarkan memasang banyak iklan dan link afiliasi di situs ketika hendak didaftarkan ke DMOZ. 
  3. Fokuslah pada satu bahasa. Jangan memakai bahasa campuran (misal : Inggris dan Indonesia). Karena akan membingungkan reviewer DMOZ untuk memberikan kategori languages- nya.
  4. Jangan mendaftarkan situs yang baru saja anda buat/masih muda. Situs dengan hanya sedikit konten pasti akan ditolak.
  5. Cukup daftarkan blog anda sekali, jangan berulang-ulang.
Ke-empat poin itulah yang paling banyak saya dapatkan dari para master SEO tentang cara agar diterima DMOZ.

Kalau sudah diterima di DMOZ, lalu apa...?
Ketika situs anda sudah diterima di DMOZ, maka, pelan tapi pasti, traffic kunjungan ke situs anda akan meningkat/naik. Kecepatan pengindeksan mesin pencari juga akan bertambah. Hitungannya menjadi detik bukan lagi jam, atau hari, jadi jika anda membuat posting baru, beberapa saat kemudian (5-10 detik) akan langsung terindeks di google. Dahsyat bukan..?

Nah, kalau situs anda adalah untuk melakukan bisnis online contohnya toko online, maka DMOZ bisa dikatakan sebagai pilihan wajib untuk mendaftarkan situs anda. Sebuah situs yang berorientasi bisnis, pasti sangat membutuhkan traffic pengunjung yang banyak. Dan submit di DMOZ merupakan salah satu cara 'dahsyat' untuk mewujudkannya.

Untuk panduan pendaftaran DMOZ, Silakan ke postingan saya di sini


Semoga bermanfaat

All posts here about online store, tips, tricks, SEO, Store Service, store builder with Blogspot, Wordpress or Opencart.
Contact me if You need help or more question about service. Enjoy reading.....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »