Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

3 Plugin Ecommerce Pilihan untuk WordPress

Dengan semakin meningkatnya bisnis ecommerce, tentu juga dibarengi dengan semakin banyaknya tool/plugin yang bisa membantu pegiat bisnis di bidang ini. Khususnya untuk ecommerce dengan platform Wordpress, banyak sekali pilihan plugin yang bisa dipakai untuk membangun sebuah toko online.

Plugin ecommerce wordpress

Nah kali ini, Tukang Toko Online akan mencoba memberikan sedikit review singkat mengenai beberapa plugin (gratis). Harapannya, anda yang bergiat di ecommerce dengan platform Wordpress dan belum memiliki gambaran, sedikit banyak akan membantu anda mengenai pilihan plugin yang bisa anda manfaatkan.

1. Ecwid

Ecwid adalah plugin gratis untuk WordPress. Plugin ini adalah full sistem shopping cart/e-commerce yang sangat mudah menginstalnya dan juga mudah mengelolanya. Plugin juga bisa diatur sesuai keinginan anda. Anda bisa melihat fitur-fiturnya di showcase gallery ini, dari situs yang memakai plugin tersebut.

Ecwid menggunakan Ajax, sehingga berpengaruh pada SEO dan juga user yang mode javascript pada browsernya tidak di-enable (tidak aktif) sehingga tidak bisa memanfaatkan plugin ini. Namun, Ecwid pada situsnya sudah memiliki tiga solusi yang bisa anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ini.

2. eShop

eShop adalah full sistem e-commerce yang lain untuk WordPress. Saat ini masih tetap gratis. Admin area dari plugin ini sangat mudah dan sederhana untuk penambahan produknya, peninjauan produk dan pemeriksaan status.

Keseluruhan sistem bisa diatur sehingga anda bisa memiliki tampilan menawan di situs ecommerce anda. Worm Sign T-Shirts dan A La Modern adalah dua contoh toko online yang memakai plugin ini. Anda bisa menjelajahi fitur plugin e-shop ini dari kedua situs toko online tersebut.

Kekurangan dari eShop adalah pada opsi pembayarannya. Anda hanya bisa menerima PayPal, Payson atau menggunakan eShop untuk pembayaran langsung ke Anda. Saat menggunakan eShop sebagai sebuah metode pembayaran, anda tidak akan bisa mencetak invoice untuk pelanggan sebagaimana jika anda memakai PayPal. Meskipun demikian, eShop tetaplah merupakan plugin shopping cart pilihan yang cukup bagus untuk direkomendasikan.

3. WP e-commerce

Ini adalah salah satu plugin E-commerce pilihan untuk WordPress yang paling favorit. Plugin ini banyak memiliki fitur jika dibandingkan dengan eShop dan Ecwid. Bisa dikatakan, ini bukan semata-mata "plugin" dalam arti penggunaan plugin shopping cart secara konvensional. Contohnya pada situs IconDock dan City Surf yang memanfaatkan plugin ini untuk menjalankan bisnis mereka. IconDock khususnya memiliki tampilan antarmuka yang sangat unik seperti fitur drop-dan-drag untuk pembelian produknya.

Dengan WP e-commerce, anda bisa menerima pembayaran manual (checks/money orders), Pembayaran Standard Paypal, Pembayaran PayPal Pro, PayPal Express Checkout, Google Checkout dan Chronopay.

Ada juga versi gold (berbayar) dari plugin ini yang memiliki banyak fitur lagi dan menerima bisa banyak jenis pembayaran. Dan di situsnya, mereka memiliki sejumlah add-ons (pengaya) untuk shopping cart-nya misalnya seperti  product sliders dan shipping modules.


Dari ketiga review singkat tersebut, kiranya anda sudah bisa menentukan dan memiliki sedikit gambaran, kira-kira mana plugin yang paling cocok dan anda minati untuk dipasang pada toko online anda.

Selamat mencoba
semoga bermanfaat

2 komentar untuk "3 Plugin Ecommerce Pilihan untuk WordPress"

  1. postingan yang bagus tentang 3 Plugin Ecommerce Pilihan untuk WordPress

    BalasHapus
  2. Mantap gan informasi dan tipsnya. Sangat bermanfaat bagi yang ingin buka toko online

    BalasHapus