Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Panduan Mengelola Setting Store Opencart di Admin Panel

Mengelola Setting Store Opencart dari Admin Panel - Berhubungan dengan beberapa pertanyaan pemakai Jasa Toko Online dari Tukang Toko Online mengenai cara mengatur atau mengelola fitur store di menu setting admin Opencart, maka berikut ini Tukang Toko Online akan memberikan sedikit panduan sederhana. Mudah-mudahan bisa sedikit membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Pertama anda harus Login ke OpenCart admin panel. Ketikan http://domainanda.com/admin di address bar browser anda. Atau ke http://yourdomain.com/store/admin, jika anda menginstall Opencart pada subfolder.


Login dengan menggunakan username dan password Anda.

Navigasi ke Menu System > Settings. Klik tombol edit untuk mengelola setting toko yang sudah ada atau klik tombol Insert untuk menambahkan toko baru / new store.
Panduan Mengelola Setting Store Opencart di Admin Panel


Setting toko / Store dibagi menjadi beberapa tab

Panduan Mengelola Setting Store Opencart di Admin Panel

Tab General


Store Name – Nama Toko Anda.

Store Owner – Nama pemilik toko, atau bisa juga nama dari toko. Value ini akan muncul di dalam bidang “from (dari)” atau email manapun yang dikirimkan dari website, sama seperti yang dikirimkan ke customer sesudah pembelian.

Address – alamat toko anda. Ini akan ditampilkan pad ahalaman kontakdan di invoice.

E-Mail – Alamat email umum toko untuk penerimaan Ini akan ditujukan untuk email manapun yang dikirmkan melalui website, sama seperti melalui formulir feedback atau email pemberitahuan yang dikirimkan oleh website sebagai pemberitahuan order baru. Ini hanya akan menjadi alamat email TUNGGAL.

Telephone – Nomor telpon kontak dari toko anda. Ini akan ditampilkan pada halamna kontak anda.

Fax – nomor fax kontak toko anda. Ini akan ditampilkan pada halaman kontak anda.

Tab Store


Title – Meta Judul ditampilkan sebagai judul di dalma hasil pencarian di mesin pencari, dan di bagian atas (top bar) dari browser.

Meta Tag Description – Meta Tag Description digunakan oleh mesin pencari untuk mendeskripsikan konten dari web site anda di dalam halaman hasil search engine.

Template – Jika anda sudah melakukan upload template tambahan , pilih sebuah template untuk toko anda.

Default Layout – Jika anda sudah meng-upload sub-template tambahan untuk toko anda, pilih salah satu dari sini.

Tab Local


Country – default negara toko anda terletak di sini.

Region/State – Region atau provinsi toko anda ada di sini. Ini akan digunakan untuk memutuskan melalui geo zones jika pajak/taxes harus ditambahkan ke produk anda.

Language – Bahasa default dari toko anda.

Administration Language – Bahasa default yang anda lihat di panel admin toko anda.

Currency – Mata uang default yang digunakan toko anda.

Auto Update Currency – Jika diatur yes, toko anda secara otomatis akan mendapatkan tingkat dan update nilai mata uang harian.

Length Class – default satuan panjang yang Toko anda gunakan.

Weight Class – default satuan berat yang toko anda gunakan.

Tab Option



Default Items Per Page (Catalog) – Berapa banyak item katalog yang ditampilkan per halaman  (products, categories, dll.)

Default Items Per Page (Admin) – Berapa banyak item admin yang ditamilkan per halaman (order, customers, dll.)

Display Prices With Tax – Jika anda perlu menampilkan harga dengan pajak. Jika diatur ke no kemudian taxes hanya akan dimasukkan ke dalam order totals pada halaman konfirmasi checkout.

Invoice Prefix – atur awalan/prefix invoice (misal: INV-2011-00). ID invoice akan mulai pada 1 untuk setiap awalan yang unik.

Customer Group – Default customer group ketika customer mendaftar. Bisa berubah jika, misalnya, anda hanya menjual keseluruhan, karyawan, atau group lain yang sudha anda buat.

Login Display Prices – hanya menunjukkan harga ketika seorang pelanggan logged in.

Approve New Customers – jangan ijinkan customer baru utnuk login sampai akun mereka disetujui secara manual oleh pemilik toko.

Guest Checkout – Mengijinkan customer untuk checkout tanpa membuat sebuah akun/account. Ini tidak tersedia jika sebuah produk download ada di dalam shopping cart.

Account Terms – memaksa orang menyetujui peraturan sebelum sebuah akun bisa dibuat.

Checkout Terms – memaksa orang menyetujui peratuan sebelum seorang customer bisa check out.

Affiliate Terms – Memaksa orang untuk menyetujui peraturan sebelum akun afiliasi bisa dibuat.

Affiliate Commission (%) – persentase komisi afiliasi default.

Display Stock – menampilkan jumlah stok pada halaman informasi produk.

Show Out Of Stock Warning – Menampilkan pesan stok pada halaman shopping cart jika sbeuah produk adalah out of stock tetapi stock checkout adalah yes. (Peringatan selalu tampilkan jika stock checkout adalah no)

Stock Checkout – mengijinkan customer masih bisa check out jika produk yang mereka order tidak ada stoknya.

Out of Stock Status – Mengatur default status out of stock yang dipilih dalam edit produk.

Order Status – Mengatur default status order ketika sebuah order diproses.

Complete Order Status – Mengatur status order customer yang harus dipenhuhi sebelum mereka diijinkan mengakses produk dan gift vouchers yang bisa didownload mereka.

Return Status – Mengatur default status pengembalian ketika permintaan pengembalian didaftarkan.

Allow Reviews – Mengatur Enable/Disable entri review dan menampilkan review yang sudah ada

Allow Downloads – Mengatur toko anda untuk mengijinkan download. Jika pelanggan melakukan order dengan produk yang bisa didownload, pengaturan ini akan menghentikan mereka dari kemampuan mengakses file download mereka.

Allowed Upload File Extensions – Jika anda mengijinkan customer meng-upload sebuah file, disini anda bisa memberikan extensi mana yang anda ijinkan untuk diupload. Gunakan koma untuk memisahkan value.

Display Weight on Cart Page – Menunjukkan beban keranjang di halaman cart

Tab Image


Store Logo – Logo yang anda inginkan untuk tampil di bagian header toko anda.

Icon – Icon Favicon yang tampil di jendela browser menuju ke alamat toko. Sebaiknya berekstensi PNG dengan ukuran 16px x 16px.

Gambar produk secara otomatis disesuaikan ukurannya oleh OpenCart, maka anda hanya perlu melakukan upload satu gambar produk dan ini akan diatur ulang ukurannya sesuai dengan ketentuan di bawah ini:


Category Image Size – ukuran gambar yang tampil pada halaman kategori.

Product Image Thumb Size – ukuran gambar thumbnail produk

Product Image Popup Size – Ukuran gambar produk yang tampil dalam lightbox

Product Image List Size – Ukurna gambar produk yang tampil di daftar

Additional Product Image Size – Ukuran gambar produk tambahan

Related Product Image Size – Ukuran gambar produk terkait

Compare Image Size –Ukuran gambar yang tampil ketika produk dibandingkan

Wish List Image Size – ukuran gambar wish list 
Cart Image Size – Ukuran gambar produk yang tampil dalam keranjang

Tab Mail


Mail Protocol – Tinggalkan di ‘Mail’ KECUALI hosting anda men-disabled php mail function.
Mail Parameters – Saat memakai ‘Mail’, parameter email tambahan bisa ditambahkan disini (misalnya: “-femail@storeaddress.com”).

SMTP Host – Jika hosting anda perlu menggunakan SMTP mail, anda bisa mendapatkannya dari web hosting anda.

SMTP Username – Jika hosting anda perlu menggunakan SMTP mail, anda bisa mendapatkannya dari web hosting anda.

SMTP Password – Jika hosting anda perlu menggunakan SMTP mail, anda bisa mendapatkannya dari web hosting anda.

SMTP Port – Jika hosting anda perlu menggunakan SMTP mail, anda bisa mendapatkannya dari web hosting anda.

SMTP Timeout – Jika hosting anda perlu menggunakan SMTP mail, anda bisa mendapatkannya dari web hosting anda.

New Order Alert Mail – Mengirimkan email ke pemilik toko ketika order baru dibuat.

New Account Alert Mail – Mengirimkan email ke pemilik toko ketika akun baru didaftarkan.

Additional Alert E-Mails – email tambahan apapun yang mana anda ingin menerima email peringatan, sebagai tambahan ke main toko utama. (dipisahkan koma)

Tab Fraud


Use MaxMind Fraud Detection System – Ya untuk menggunakan atau No untuk tidak menggunakan.

MaxMind License Key – Register/daftarkan akun di maxmind.com dan masukkan key code yang merka berikan disini.

MaxMind Risk Score – Masukkan angka dari 0 sampai 100, dengan 0 menjadi nol persen kesempatan dari sebuah order curang dan 100 menjadi kesempatan 100%. Lihat website mereka untuk informasi nilai resiko tambahan.

MaxMind Fraud Order Status – Order yang melebihi nilai resiko yang anda atur tidak akan diijinkan, dan akan diatur ke dalam status Ditoalk atau Dibatalkan(Denied atau Canceled).

Tab Server


Use SSL – Jika anda tidak menginstall toko dengan SSL, periksa hosting anda yang memiliki SSL certificate yang sudha terinstal, lalu tambahkan alamat SSL di dalam file  config catalog dan admin anda.

Use SEO URL’s – Untuk pemakaian Search Engine Friendly SEO URL’s dengan nama produk atau halamanatau menggantikan nomor halaman, pertama modul Apache harus dipastikan mod-rewrite sudah dipasang (minta bantuan admin hosting jika belum) dan anda harus mengganti nama htaccess.txt menjadi .htaccess. baca file htaccess.txt untuk informasi lengkapnya

Maintenance Mode – Mencegah Customer melakukan browsing toko anda. Mereka hanya bisa melihat pesan maintenance. Namun jika login sebagai admin, anda isa melihat toko secara normal.

Encryption Key – Pilih nomor acak rahasia apapun yang akan digunakan untuk melakukan enkripsi informasi pribadi ketika order sedang diproses.

Output Compression Level – GZIP untuk transfer lebih efisien atau permintaan klien. Tingkat kompresinya antara 0 – 9.

Display Errors – menyetel on atau off error yang tampil.

Log Errors – mengatur enable atau disable error logging

Error Log Filename – Defaultnya adlah error.txt

Google Analytics Code – Log in ke akun Google Analytics anda dna sesudah membuat profile situs web anda, copy dan paste kode analytics ke dalma kolom ini.

Panduan mengenai cara mengelola setting store opencart di admin panel tersebut semoga bisa lebih mempermudah anda dalam mengelola toko online opencart anda. Semoga bermanfaat

5 komentar untuk "Panduan Mengelola Setting Store Opencart di Admin Panel"

  1. Gan ane mau tanya, opencart ane ga ada email konfirmasi saat ada pengunjung melakukan order, tapi pada saat mendftar akun ada, itu gimana yah cara mengatasinya , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek di bagian panel admin OC anda di menu system >> setting >> klik edit toko anda dan pastikan email yang anda masukkan sudah benar di entri data akun toko anda.

      Hapus
  2. gan, untuk setting mengarahkan namadomain.com ke www.namadomain.com gimana caranya?

    BalasHapus
  3. Gan gimana cara nya jika diklik icon beli tapi di keranjang open cart kami tetep aja 0😢, mohon bantuannya gan hrs gmn biar keranjangnya bisa dibuat beli

    BalasHapus