3 Tips Mengoptimalkan Situs Ecommerce di Perangkat Mobile

6/12/2013

3 Tips Mengoptimalkan Situs Ecommerce di Perangkat Mobile - Semakin banyaknya masyarakat di Indonesia yang memiliki perangkat mobile (smartphone, tablet pc, phablet dll.) tentu saja semakin memperbesar peluang pelaku bisnis online menjaring pelanggan dari sini. Ke depan juga sudah diprediksi bahwa pertumbuhan transaksi online akan semakin besar, tentu saja transaksi secara mobile pun akan ikut terkena imbas positifnya.

mengoptimalkan situs di perangkat mobileSebagai pemilik situs ecommerce tentu saja anda tidak mau ketinggalan dengan kabar positif ini. Namun tentu saja ada yang harus diperhatikan sehubungan dengan situs bisnis anda (Toko Online dll.) untuk menghadapi semakin pesatnya pertumbuhan perangkat mobile di Indonesia, mau tidak mau situs ecommerce anda harus dioptimalkan agar bisa lebih mudah diakses dan user friendly di perangkat mobile tersebut.

Berikut ini adalah 3 hal yang perlu diperhatikan agar situs ecommerce anda bisa optimal di perangkat mobile.

1. Meningkatkan Kecepatan waktu akses (Loading) situs

Dari laporan Jumio, sebuah perusahaan mobile payments di AS, Sekitar  66 percent pembelanja mobile dilaporkan membatalkan transaksi ecommercenya karena loading situs yang memakan waktu atau terlalu lama (dalam bahasa kita lelet atau lemot).

Seberapa cepat halaman sebuah situs ecommerce bisa cepat diakses — melalui mobile atau yang lain — tentu saja akan berdampak pada pengalaman belanja. Sebagai pertimbangan ambil contoh dengan Amazon yang bisa meningkatkan penjualannya satu persen untuk setiap 100 millidetik waktu akses setiap halamannya, berdasarkan artikel dari Mashable pada tahun 2011.

2. Buat sebuah antarmuka yang gampang diakses dengan Jari (Finger-friendly Interface)

Manfaatkan desain tampilan situs yang responsif, sehingga sangat membantu pengalaman pengunjung situs anda baik itu melalui tampilan dekstop maupun tampilan mobile. Desain tampilan yang responsif ini bisa secara otomatis menyesuaikan di perangkat apa situs diakses. Cukup mengganggu jika tampilan situs pada perangkat mobile yang muncul adalah tampilan desktop.

Dengan tampilan mobile yang lebih minimalis dibandingkan dengan tampilan desktopnya akan lebih memudahkan pengunjung situs anda dalam mengakses. Tampilan situs juga lebih finger-friendly dengan tampilan mobile karena interface yang memang sudah disesuaikan khusus untuk tampilan mobile.

3. Buat Situs Mobile Anda Semirip mungkin dengan Tampilan Situs secara Desktop/PC

Yang terakhir, pastikan bahwa ada kesamaan tampilan/desain antara situs yang anda tawarkan ke pengunjung di Desktop/PC dan situs yang dilihat pengunjung secara mobile.

Pengguna smartphone dan tablet menginginkan pengalaman menjelajah yang sama dengan akses melalui dekstop/PC. Mereka ingin juga menemukan fitur dan bagian yang sama, berkaitan dengan perangkat mobile yang mereka gunakan untuk mengakses toko online.

Jadi, pertimbangkan untuk menggunakan desain yang responsif yang bisa mengoptimalkan layout situs tanpa harus menyembunyikan fitur atau menghilangkan kontennya.

Semoga bermanfaat

Image Source: google images
article Source

All posts here about online store, tips, tricks, SEO, Store Service, store builder with Blogspot, Wordpress or Opencart.
Contact me if You need help or more question about service. Enjoy reading.....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

#/ Dilarang melakukan SPAM.
#/ Dilarang Komentar mengandung Link/URL di kolom komentar
#/ Dilarang Komentar SARA dan Makian
#/ Dilarang ngiklan
Melanggar ketentuan di atas, komentar langsung dihapus..!!!
Emoticon