Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Meta Tag, Pengertian dan Cara Memasangnya

Meta Tag, Pengertian dan Cara MemasangnyaApa itu Meta Tag? pengertian sederhananya adalah META tag merupakan salah satu poin kunci agar bisa memiliki posisi peringkat halaman website terbaik di dalam hasil pencarian dari search engine dalam hal ini adalah Google.

Penulisan Meta tag ini diletakkan di antara kode <HEAD> dan </ HEAD> di dalam html template. Fungsinya secara umum adalah sebagai pemberi informasi kepada search engine mengenai berbagai hal tentang halaman website. Pada awalnya dulu, meta tag sempat dijadikan prioritas untuk menentukan peringkat sebuah website di halaman pencarian, namun seiring dengan penggunaan (penyalahgunaan) oleh webmaster situs dengan konten dewasa, akhirnya beberapa mesin pencarian, semisal Google, Bing (dulu MSN), dan Yahoo akhirnya menghapus Meta Tag ini dari prioritas penentuan penentuan peringkat di search engine mereka.

pengertian meta tag

Jenis Meta Tag 

Jika dijelaskan semua jenis-jenis Meta tag, maka daftarnya akan panjang sekali. Di sini akan dijelaskan beberapa jenis Meta Tag yang penting saja yang bisa dikatakan wajib dipasang di Template Blogspot Anda.


Meta Title (Meta Judul Website)

Meta tag satu ini sudah cukup jelas karena memang untuk memberi informasi mengenai judul website anda ke mesin pencari. Sintaksnya adalah seperti berikut ini.

<META NAME=”Title” CONTENT=”Tulis Judul Disini”>

Meta Description (Meta Deskripsi Website)

Fungsinya adalah untuk memberikan gambaran secara umum tentang konten website anda. Sangat disarankan untuk tidak menulis lebih dari 160 karakter, karena search engine umumnya hanya bisa menampilkan deskripsi website di halaman pencarian tidak lebih dari jumlah karakter tersebut. Sintaksnya adalah seperti berikut ini.
 <META NAME=”description” CONTENT=”ketikkan deskripsi disini”>

Meta Keywords (Meta Kata Kunci Website)

Ini berisi informasi kepada robot search engine mengenai kata kunci dari website anda yang anda fokuskan. Keyword kemudian dikelola oleh mesin pencari untuk mengurutkan website di halmaan pencarian bersamaan dengan frasa yang didapat dari meta description. Jadi jangan biarkan Meta Keyword anda kosong. Sintaksnya adalah seperti berikut ini.
 <META name=”keywords” CONTENT=”keyword1, keyword2, keyword3”>

Meta Author (Penulis Blog/Website)

Fungsinya adalah sebagai pemberi informasi kepada mesin pencari mengenai author atau penulis atau pengelola blog tersebut. Anda bisa hanya mengisi nama saja, tanpa email. Sintaksnya adalah seperti berikut ini.
<METANAME=”nama author”CONTENT=”nama, id email”>

Meta Bahasa / Language 

Fungsinya adalah pemberi informasi bahasa konten yang digunakan kepada search engine agar bisa lebih mudah mengkategorikan website berdasarkan bahasa yang digunakan. Sintaksnya adalah seperti berikut ini.
<META HTTP-EQUIV=”Content-Language” CONTENT=”language”>

Meta Content Type (Jenis konten)

Bisa dikatakan ini adalah Meta tag yang wajib, dan dianjurkan dipasang di website. Dengan memasang Meta Tag jenis ini, akan membuat search engine menetapkan untuk memuat set karakter yang sesuai, sebelum halaman yang di crawl tersebut dipublikasikan di indeks pencarian. Sintaksnya adalah seperti berikut ini.
<meta http-equiv=”Content-Type” content=”content type, teks atau html”>

Meta Robot

Meta tag ini berfungsi untuk menentukan halaman mana saja yang boleh dirayapi oleh robot mesin pencari dan mana saja yang tidak boleh. Fungsinya cukup penting karena untuk mengatur agar tidak semua halaman di blog anda, khususnya halaman yang tidak penting terindeks di meisn pencari. Atau misalnya anda tidak ingin menampilkan menu-menu di blog anda terindeks search engine.

Meta Robots memiliki format dasar seperti berikut ini :

<meta name=”robots” content=”index | noindex | follow | nofollow”>

Contoh penggunaannya, misalnya, Anda menginginkan robot telusur membaca halaman utama, serta menelusuri semua link di halaman utama tersebut, maka sintaks perintahnya adalah sebagai berikut:

<meta name=”robots” content=”index follow”>

Sebaliknya, anda juga bisa bisa menginstruksikan agar spider tidak mengindeks serta melakukan penelusuran link di halaman web. Sintaks perintahnya adalah sebagai berikut:

<meta name=”robots” content=”noindex nofollow”>

Memasang Meta Tag di Blogspot

Untuk lebih mudahnya anda bisa memasang sintaks Meta Tag berikut ini di html template anda (template >> edit html), dengan melakukan beberapa editing seperti keterangan di bawahnya tentunya.
<meta charset='utf-8'/>
<link href='http://nama-blog-anda.blogspot.com' rel='canonical'/>
<meta content='Description Blog Anda' name='description'/>
<meta content='keyword1,keyword2,keyword3' name='keywords'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
<meta content='Kode Verifikasi Google' name='google-site-verification'/>
<meta content='Kode Verifikasi Bing' name='msvalidate.01'/>
<meta content='Kode Verifikasi Alexa' name='alexaVerifyID'/>
<meta content='2 days' name='revisit-after'/>
<meta content='general' name='rating'/>
<meta content='id' name='geo.country'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta content='Nama Author' name='author'/>
<meta content='all' name='Slurp'/>
<meta content='width=device-width' name='viewport'/>
<link href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/>
<link href='http://nama-blog.blogspot.com/atom.xml' rel='alternate' title='Atom' type='application/atom+xml'/>
<link href='http://nama-blog-anda.blogspot.com/feeds/posts/default' rel='alternate' title='RSS Feeds' type='application/atom+xml'/>
<link href='http://draft.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://nama-blog-anda.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>
Keterangan :
Ganti teks berwarna merah sesuai dengan informasi dan deskripsi dari blog anda.

Nah, informasi mengenai Meta Tag, pengertian serta cara memasangnya tersebut mudah-mudahan bisa lebih memperjelas mengenai fungsi dari Meta Tag ini, khususnya untuk mengoptimalkan SEO pada Blog Anda agar Blog lebih disukai Search engine. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Meta Tag, Pengertian dan Cara Memasangnya"