10 Tips Memilih Nama Domain yang Benar

12/19/2014

Memilih nama domain yang benar bisa dikatakan sangat mirip dengan memilih nama perusahaan. Sehingga juga membutuhkan banyak pemikiran dan pertimbangan. Nama domain yang Anda pilih merupakan identitas Anda di Website. Jadi anda harus juga memastikan jika anda memilih nama domain yang tidak hanya cocok bisnis Anda, tetapi juga mudah ditemukan dan dipromosikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti yang cukup bisa membantu Anda dalam memilih domain dengan benar.



1. Buatlah Supaya Mudah Diketik

Mencari nama domain yang mudah diketik sangatlah penting, tujuannya tentu saja memudahkan untuk mencapai popularitas secara online. Hindari penggunaan bahasa gaul atau kata-kata dengan beberapa ejaan (emoticon), yang akibatnya bisa mempersulit orang untuk menemukan situs Anda.

2. Singkat dan sederhana

Buatlah nama domain Anda singkat dan sederhana. Nama  domain yang panjang dan susah diingat sangat berisiko orang bisa salah ketik atau salah mengejanya. Singkat dan sederhana pilihan yang tepat dan sangat dianjurkan.

3. Gunakan Kata Kunci

Gunakanlah kata kunci yang juga bisa menjelaskan bisnis Anda ataupun layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh sederhana adalah sebagaia berikut; jika Anda seorang pebisnis dalam bidang penggantian kaca pada kacamata (Glass), Anda mungkin bisa mencoba dengan domain GlassRepair.com atau GlassReplacement.com. Jadi anda bisa menyertakan kata kunci dimana orang bisa mengetahuinya ketika mencari produk atau jasa. hal seperti ini sanhgat membantu dalam meningkatkan peringkat Anda di search engine (yang membantu meningkatkan lalu lintas pengunjung website) dan lebih mudah dipahami oleh pelanggan Anda.

Artikel berikut ini mungkin bisa membantu anda untuk menemukan nama domain yang populer :
domain ekstention

4. Targetkan Daerah Anda

Jika bisnis Anda adalah skala lokal, pertimbangkan juga untuk memasukkan kota atau negara di dalam nama domain Anda untuk memudahkan pelanggan lokal menemukan dan mengingat. Misalnya: PhoenixGlassRepair.com (ada di negara bagian Phoenix, AS).

5. Hindari Angka dan tanda hubung

Angka dan tanda hubung (-) sering disalahpahami orang yang mendengar alamat website Anda, dan tidak tahu apakah Anda menggunakan angka (5) atau itu bilangan (lima) atau mereka bisa salah atau lupa dengan tanda hubungnya (-).

6. Mudah Diingat

Saat ini sudah ada jutaan nama domain yang terdaftar, sehingga memiliki domain yang catchy dan mudah diingat adalah sangat penting. Anda bisa meminta saran nama domain anda ke teman-teman dekat untuk memastikan nama domain Anda terdengar menarik dan mudah diingat orang lain.

7. Lakukan Riset

Pastikan anda sudah melakukan riset terlebih dahulu (mencari informasi seluas-luasnya). Pastikan nama yang Anda pilih tidak bermerek dagang, melanggar hak cipta atau sudah digunakan oleh perusahaan lain. Karena jika hal tersebut sampai terjadi, akan ada konsekuensi hukum yang bisa membuat repot anda di kemudian hari.

8. Gunakan Ekstensi Domain yang tepat.

Ekstensi domain adalah akhiran, seperti .COM atau .NET, pada akhir alamat Web. Ini dapat memiliki kegunaan tertentu, jadi pastikan untuk memilih satu yang bekerja untuk bisnis Anda. COM adalah yang paling populer, tapi di sini ada beberapa ekstensi top (Top Level  Domain) lainnya dan mereka juga sering digunakan:
.co: singkatan untuk perusahaan, perdagangan, dan masyarakat
.info: situs informasi
.net: teknis, situs infrastruktur Internet
.org: organisasi non-komersial dan non-profit
.biz: bisnis atau komersial, seperti situs e-commerce
.me: blog, resume atau situs pribadi
Tips: Jika anda memfokuskan pada target lokal, maka TLD lokal perlu anda pertimbangkan. Contohnya jika target anda adalah pengunjung dari Indonesia saja, Ekstensi .ID patut anda pertimbangkan.

9. Melindungi dan Membangun Merek Anda

Untuk melindungi merek Anda, Anda harus membeli berbagai ekstensi domain, serta versi salah eja nama domain Anda. Hal ini untuk mencegah pesaing dari mendaftarkan versi lain dan memastikan pelanggan Anda akan diarahkan ke situs web Anda, bahkan jika itun adalah salah ketik.

10.Bertindak Cepat

Nama domain sangat cepat terjual. Untungnya, mereka murah, jadi segera daftarkan nama domain favorit Anda. Jika Anda mengalami kesulitan menemukan nama yang tersedia, domain provider akan menyarankan nama alternatif selama pencarian domain Anda untuk membantu Anda menemukan nama yang sempurna dan sesuai dengan kriteria Anda.

Ke 10 tips memilih nama domain yang benar tersebut cukup bisa membantu anda dalam memilih domain yang benar dan sesuai dengan bisnis yang ingin anda jalankan secara online.

All posts here about online store, tips, tricks, SEO, Store Service, store builder with Blogspot, Wordpress or Opencart.
Contact me if You need help or more question about service. Enjoy reading.....

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

#/ Dilarang melakukan SPAM.
#/ Dilarang Komentar mengandung Link/URL di kolom komentar
#/ Dilarang Komentar SARA dan Makian
#/ Dilarang ngiklan
Melanggar ketentuan di atas, komentar langsung dihapus..!!!
Emoticon