Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

SEO Toko Online : Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan

Posting kali ini fokus membahas kesalahan SEO toko online secara khusus yang paling sering terjadi dan kerap dilakukan. Akibatnya bisa berdampak cukup buruk terhadap reputasi website toko online di mata Google.

Teramat khusus adalah pengguna platform blogspot untuk toko online, beberapa informasi berikut ini tentunya cukup penting untuk dicermati. Apalagi dengan semakin seringnya Google melakukan update algorithma di halaman pencarian, beberapa informasi berikut ini tentunya sangat layak untuk diperhatikan.

Berikut adalah beberapa kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh sebuah website toko online yang berakibat cukup fatal dalam menurunkan reputasi toko online mereka.
  1. Website tidak Mobile Friendly/Unresponsive
  2. Tidak ada optimasi judul produk, Meta deskripsi dll.
  3. Copy Paste Deskripsi Produk
  4. Gambar Produk tidak SEO

Kesalahan Fatal SEO Toko Online
Penjelasan lengkapnya bisa Anda simak dari tulisan lengkapnya di bawah ini.

1. Website tidak mobile friendly

Dengan kata lain, website Anda tidak responsif yang disebabkan tidak memakai thema atau template yang responsif pula. Sebenarnya untuk saat ini, hal tersebut bisa dikatakan cukup fatal, karena berdasarkan statistik terbaru, akses internet dengan memakai gawai sudah mencapai lebih dari 80%. Dan lagi, dengan algorithma terbarunya, google pelan tapi pasti mulai menyingkirkan website-website yang tidak mobile friendly atau yang tidak kompatibel dengan akses melalui gawai (smartphone).

2. Tidak melakukan optimasi Judul Produk, Meta Description, dan Meta Title

Pastikan Anda sudah melakukan optimasi terhadap hal-hal tersebut. Banyak sekali panduan mengenai cara optimasi beberapa elemen penting tersebut. Anda bisa mencarinya di Google dan mendapatkannya secara gratis. Sekali lagi tergantung kemauan untuk melakukannya.

Pastikan juga Anda membuat sebuah judul yang cukup unik dan menarik pembaca. Karena tujuan utama dari website Anda tetaplah manusia, bukan mesin alias Google. Menjadi sia-sia jikapun, artikel/posting berada di peringkat pertama pencarian, namun karena judul yang kurang menarik (clickable), orang kurang tertarik untuk mengunjungi website Anda.

3. Copy Paste Deskripsi Produk

Ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para pelaku toko online. Tentunya dengan berbagai macam alasan yang kebanyakan adalah karena gamau repot. Padahal dari sinilah sebenarnya hal yang paling dibenci oleh robot perayap google, ketika menemui adanya duplikasi konten. Maka tak ayal Google bisa langsung menaruh peringkat postingan produk yang berisi konten duplikat tersebut, di urutan buncit pencarian, sukur-sukur tidak berimbas ke website Anda.

Penting sekali adalah berusaha sebisa mungkin untuk menghindari duplikat konten. Tips yang paling bagus untuk mengisi deskripsi sebuah konten adalah dengan menyisipkan beberapa testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk tersebut. Tulislah dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami. Dipastikan ini tidak akan menjadi konten duplikasi.

Atau jika produk Anda memiliki informasi pelengkap berupa video, sertakan saja sekaligus di bagian deskripsi produk. Google sampai saat ini masih menyukai sebuah halaman website yang memiliki informasi lengkap berupa text, gambar dan juga video. Tentu saja gambar dan video yang Anda sertakan harus sudah dalam keadaan teroptimasi SEO-nya juga.

4. Gambar tidak SEO Friendly

Seperti sudah dijelaskan di atas, bahwa Google menyukai halaman website yang memiliki informasi lengkap berupa text, gambar dan video. Namun jika gambar dan video tersebut tidak dilakukan optimasi SEO-nya, hal ini tentu saja tidak akan bermanfaat. Bahkan bisa merugikan.

Jadi pastikan dulu ketika Anda memasang gambar produk serta video pendukungnya, Anda juga sudah melakukan optimasi SEO untuk kedua elemen pendukung posting tersebut. Bagaimana cara melakukan optimasi SEO terhadap gambar dan video?, Google sudah sangat banyak menyediakan jawabannya, puluhan informasi mengenai topik tersebut banyak sekali bertebaran secara gratis.


Nah, ke 4 kesalahan fatal pada SEO Toko Online tersebut merupakan hal yang paling sering dijumpai dan dilakukan. Dari rangkuman informasi tersebut di atas, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda.

1 komentar untuk "SEO Toko Online : Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan"