Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Layanan Penyingkat URL, goo.gl Dimatikan Permanen

Meskipun sedikit terlambat, namun sepertinya informasi ini cukup penting, terutama untuk para user Template bikinan Tukang Toko Online.

Seperti sudah disampaikan secara resmi oleh pihak Google baik melalui gmail maupun langsung di laman goo.gl dan beberapa media lain, bahwa mulai 30 Maret 2018, Google secara resmi mulai menghentikan layanan penyingkat URL ini. Namun Google masih memberikan tenggat hingga 13 April 2018, untuk pengguna yang sudah terdaftar, layanan penyingkat URL ini masih bisa dipakai pada konsolnya.

Google secara permanen mulai resmi menutup konsol goo.gl ini pada 30 Maret 2019.
Banyak alasan kenapa pihak Google menutup goo.gl yang sebenarnya cukup banyak membantu usernya ini. Secara resmi alasan utama Google adalah karena pada saat ini pemendek URL sudah tidak diperlukan lagi disebabkan perkembangan teknologi internet yang memungkinkan setiap orang untuk menemukan konten di internet dengan cara yang berbeda.


goo.gl substitues to bitly, etc.


Lalu, apa hubungan dan pengaruhnya dengan Template dari tukang Toko Online.
Tentu saja erat sekali kaitannya. Sebagian besar script yang dipakai pada template tersebut (kebanyakan script jQuery dan Java Script) disimpan di beberapa hosting dan kemudian URL disingkat dengan memakai konsol goo.gl tersebut.

Bagaimana jika konsol goo.gl tersebut dihentikan secara permanen, apa dampaknya?
Nah ini berkaitan dengan beberapa template Tukang Toko Online yang memanfaatkan konsol penyingkat tersebut, akibatnya adalah beberapa fitur otomatis juga berhenti bekerja. Karena link/URL tersebut sudah tidak bisa diakses karena sudah mati. Meskipun scriptnya masih tersimpan di hosting tersendiri.

Bagaimana solusinya?
Solusi untuk ini, sebenarnya sudah diberikan oleh Google, ketika pertamakali mengumumkan akan dimatikannya salah satu fitur konsol tersebut. Yaitu dengan memberikan rekomendasi untuk mengalihkan atau mengganti penyingkat URL salah satunya adalah ke Bitly.

Bitly, seperti halnya goo.gl juga merupakan salah konsol layanan penyingkat URL. Bahkan Bitly sudah hadir lebih dulu dibandingkan layanan milik Google tersebut. Bisa dikatakan, layanan penyingkat URL milik Bitly ini lebih komplit karena memang fokusnya di bidang tersebut.

Bagaimana cara memindahkan URL dari goo.gl ke Bitly?
Mungkin, untuk blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia perblogingan bukan hal sulit, karena ini adalah hal yang remeh temeh. Tapi untuk para awam ataupun pemula, bisa jadi merupakan kesulitan tersendiri.

Untuk memindahkan atau mengganti penyingkat URL dari goo.gl ke bitly.com di template Tukang Toko Online, caranya cukup mudah. Pastikan Anda sudah membuat akun di Bitly.
  1. Masuk ke akun blogger Anda.
  2. Masuk ke menu Theme/Template
  3. Masuk ke Edit HTML Template
  4. Klik mouse ke kolom Script
  5. Klik Ctrl+F
  6. ketik "goo.gl" (tanpa tanda script) di kolom pencarian
  7. Enter 
  8. Setelah ketemu, copy link/url goo.gl tsb
  9. Buka tab baru browser, paste kan link goo.gl tsb ke address bar browser, lalu enter
  10. setelah terbuka sempurna, Copy link / URL yang muncul di address bar browser tersebut.
  11. Paste kan ke Bitly untuk membuat singkatan URL yang baru.
  12. Setelah mendapatkan penyingkat URL dari Bitly, copy URL tsb.
  13. Paste kan ke tempat Link / URL goo.gl yang ingin diganti tadi.
  14. Save Template.
  15. Ulangi Langkah 6 - 14 untuk mengganti URL goo.gl yang ingin Anda ganti tadi.

Selamat mencoba.

Posting Komentar untuk "Layanan Penyingkat URL, goo.gl Dimatikan Permanen"