Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Cara Mudah Menyembunyikan NavBar di Blogger (Navigation Bar)

navbar blogger

Jika Anda masih memakai blogger template default/bawaan dari blogger.com. Maka bisa dipastikan akan muncul Navigatition Bar/NavBar (seperti contoh gambar di atas). Bahkan beberapa template dari sumber lainpun masih ada yang menampilkan navbar. Bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu mengganggu. Bahkan bisa jadi malah dianggap mempermudah navigasi (sesuai namanya NavBar/Papan Navigasi).

Namun bagi kebanyakan blogger, NavBar dianggap sangat mengganggu. Bahkan akan membuat tampilan blognya nampak amatiran, alias tidak profesional. Apalagi jika blogger memakai situsnya di blogspot sebagai toko online, Pastinya pemilik toko online tidak ingin NavBar muncul di situsnya. Karena akan memberikan kesan tidak profesional, amatir, dll. Namun jelasnya, masing-masing blogger memiliki alasan tersendiri mengenai NavBar ini.

Nah, disini saya hanya akan memberikan beberapa panduan / cara untuk menyembunyikan NavBar di template Blogger. Khususnya bagi anda para blogger pemakai Blogspot, yang ingin menyembunyikan atau tidak ingin menampilkan NavBar di Blognya. Untuk menyembunyikan navigation bar ini bisa diakali dengan cara menggunakan beberapa teknik sederhana CSS. Berikut panduannya:
1.Login ke akun blogger
2.Kemudian masuk ke tab Layout/Rancangan3.Pilih menu Edit Html (sebelumnya jangan lupa backup template untuk jaga-jaga)

4.Centang bagian Expand Widget Template.
5.Cari kode berikut ini (gunakan Ctrl+F)
]]></b:skin>
Lalu ganti dengan kode di bawah ini:

#navbar-iframe,#navbar { display: none !important; }
]]></b:skin>
6. Kemudian Simpan / SaveTemplate.
7. Jika anda melakukannya dengan benar, seharusnya NavBar sudah tidak muncul lagi.

Untuk Lebih Jelasnya anda bisa melihat tutorialnya melalui Video berikut ini :

sumber : bloggerpluggins.org