Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Tutorial Cara Mengganti Template Opencart

Panduan mengganti template opencart - Indonesia sebagai salah satu pengguna CMS terbesar di Dunia, tentu saja Opencart yang merupakan CMS toko online juga sudah banyak digunakan di Indonesia. Template Opencart, baik itu yang premium/berbayar maupun yang gratis buatan lokal juga mulai banyak bertebaran di jagad maya.

Banyak pertanyaan dari para pengguna opencart, utamanya yang baru saja mencoba platform ini yang merasa kesulitan saat penggantian templatenya. Meskipun penggantian template opencart tidak semudah seperti di Wordpress maupun Blogger, namun saya yakin anda juga bisa melakukannya sendiri. Nah berikut ini akan saya bagikan sebuah tutorial cara penggantian template opencart. Tutorial ini saya dapatkan dari www.blog.sinarweb.com:

1. Download dulu template opencart pilihan anda. Anda bisa mencarinya di situs www.opencart.com. Ada banyak pilihan mulai dari yang gratis sampai yang berbayar.
Dari link download di situs ini, biasanya anda hanya akan mendapatkan file berisi link download, setelah anda ekstrak, anda akan mendapatkan file teks yang isinya adalah link untuk untuk mendownload file-file tempalte opencart. Selanjutnya download template yang sudah anda pilih tadi.

2. Ekstrak file download tersebut. Cari folder berikut (di CPanel hosting anda) catalog dan image, biasanya sudah ada folder template dalam folder tersebut yang berisi folder image, stylesheet dan templates.

Langkah berikutnya upload  file download tersebut ke folder berikut public_html/catalog/view/theme, setelah semuanya terupload ekstrak file zip tersebut.

3. Zip dulu kedua folder dari file download (catalog dan image) kemudian upload file yang sudah anda zip ini ke public_html

4. Lalu ekstrak file zip tersebut, semua file Template baru anda sudah terupload
5. Langkah berikutnya masuk ke halaman admin opencart, kemudian ke menu Sistem >> Setting >> Edit
ganti template opencart
6.  Klik bagian Store, kemudian pilih nama template anda upload tadi, selanjutnya Save,  Sampai disini sudah selesai
ganti template opencart

Jika anda melakukannya dengan benar, seharusnya template anda sudah berganti.

Update :
Jika template pengganti merupakan template hasil copy dari template default (Catalog > view > theme > default)
Anda harus melakukan sedikit editing pada template headernya yaitu : catalog > view > themes > template anda > common > Header selanjutnya ganti nama default dengan nama template anda.
Anda bisa membuka file header memakai notepad dan merubah nama default menjadi nama template anda.

Ini perlu dilakukan agar template baru anda bisa berdiri sendiri

Semoga informasi panduan mengganti template opencart tersebut bisa sedikit membantu anda yang sedang mengembangkan toko online berbasis opencart. Selamat mencoba