Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Membuat Blogger Mobile Version Otomatis

tampilan mobile versionBlogger.com sebenarnya sudah menyediakan template versi mobile atau mobile version template untuk blognya. Namun sayangnya ketika kita mengetikkan alamat url blogger kita ke dalam perangkat seluler, ternyata bloger belum mau mendeteksi tampilan mobile secara otomatis. Untuk menampilkan tampilan mobile versionnya pada alamat url blogger harus ditambahkan karakter /?m=1 yang fungsinya untuk memanggil template versi mobile. Sebagai contohnya adalah alamat url berikut http://pasartokoonline.blogspot.com/?m=1

Tentunya hal ini cukup merepotkan. Apalagi di Indonesia pertumbuhan perangkat seluler terutama smartphone sudah mengalahkan pertumbuhan computer, maka potensi blog kita untuk diakses melalui perangkat seluler juga semakin besar. Sehingga traffic yang datang dari perangkat seluler saat ini bisa dikatakan sudah sangat dibutuhkan. Dari sisi bisnis hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat berharga.

Karena melihat adanya kebutuhan tersebut akhirnya saya coba untuk mencari informasi, cara untuk membuat tampilan Blogger mobile version secara otomatis. Akhirnya saya dapatkan solusinya berdasarkan script yang berasal Blog devbook.net. Script Jquery ini sudah dibikin dan diupload ke google docs, dan kita tinggal memanfatkannya saja hanya dengan menambahkan beberapa baris kode script berikut ini ke template blogger (courtesy of devook.net).

Berikut tutorialnya:
1. Login ke akun blogger -->> langsung menuju ke tab template (lihat gambar di bawah)
setting template mobile version 1
 2. Anda akan diarahkan ke halaman template, lalu pilih opsi pengaturan ubah sesuaikan template seluler seperti pada gambar di bawah ini:
setting template mobile version 2
 3. Selanjutnya Pilih opsi Ya, kemudian simpan (lihat gambar di bawah ini)
setting template mobile version 3

4. Kembali pada gambar poin ke (2) anda pilih EDIT HTML-->> centang EXPAND WIDGET TEMPLATE-->> cari kode </b:skin> . Selanjutnya taruh kode script di bawah ini tepat di atas kode  </b:skin>

<script src='http://jqueryjs.googlecode.com/files/jquery-1.3.2.min.js' type='text/javascript'/>
 
<script src='http://viemonsta.googlecode.com/files/dev_mobile_for_blogger.js' type='text/javascript'/&gt;

Note: Jika anda sudah pernah memasang/menggunakan jquery pada template blog anda, maka cukup pasang kode yang berwarna hitam saja.

5. Simpan Template dan lihat hasilnya di tampilan seluler pada perangkat seluler anda.


Seharusnya jika langkah-langkah tersebut anda lakukan dengan benar, tampilan mobile version sudah muncul pada layar seluler anda.

Selamat mencoba

3 komentar untuk "Membuat Blogger Mobile Version Otomatis"

  1. Izin bookmark nih penting..trims.

    BalasHapus
  2. wah udah banyak perubaha ya..sy ktingalan iformasi nih..

    BalasHapus
  3. Thanks infonya, tapi gimana caranya menampilkan iklan kita pada tampilan mobile ya?

    BalasHapus