Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Cara Mudah Mengatasi Broken Link dengan Fitur SEO Blogger

broken link
Jika sebelumnya tukang toko online sudah menulis mengenai broken link dan memberikan tutorial mengenai cara mengatasi broken link tersebut, maka kali ini akan dibahas mengenai cara instan mengatasi broken link dengan tanpa memanfaatkan fasilitas webmaster tool-nya google.

Mengapa saya katakan instan...? karena, jika dibandingkan dengan cara sebelumnya, cara ini jauh lebih ringkas dan cepat.

Jadi, kadang-kadang meskipun broken link sudah berhasil dihilangkan dengan cara yang sudah pernah saya bahas sebelumnya, namun tidak menutup kemungkinan, broken link akan muncul lagi dengan kasus dan sebab yang lain. Banyak hal bisa menjadi penyebab munculnya broken link di blog kita, selain dari terhapusnya posting blog baik itu secara sengaja maupun tidak.

Nah dengan cara mudah dan instan ini, broken link yang muncul dari sebuah blog (platform blogger) secara otomatis akan dialihkan ke alamat link yang valid (misalnya ke homepage blog anda). Jadi apabila ditemukan sebuah broken link dari mesin perayap, link yang rusak tersebut akan otomatis mengarah ke link valid yang sudah diset sebelumnya. Sehingga robot crawler tidak akan menganggap link tersebut broken dan pengunjung blog juga tetap mempunyai alternatif posting yang lain dari blog anda, sehingga tidak menemui halaman kosong.

Berikut tutorialnya :

Langkah 1. Login ke akun blogger Anda.

Langkah 2. Pilih Blog yang akan anda setting.

Langkah 3. Pada dashboard blog yang sudah anda pilih, klik menu : Setelan >> Preferensi Penelusuran
Setting Broken Link di blogger
klik untuk memperbesar gambar
Dari Gambar di atas, anda klik Edit  pada opsi Kesalahan dan Pengalihan pada bagian Pesan Khusus untuk Laman Tidak Ditemukan ?

Langkah 4. Selanjutnya copy kode script di bawah ini ke dalam kolom yang muncul, namun sebelumnya anda ganti dulu bagian tulisan alamatbloganda (warna merah) dengan alamat blog anda sendiri. Disini, redirect page (halaman pengalihan) diarahkan ke homepage blog anda. Anda juga bisa menggantinya sendiri dengan halaman yang anda sukai.
<script type="text/JavaScript"> location.replace('http://alamatbloganda.blogspot.com/'); </script>
(lihat contoh gambar di bawah ini) :
Fitur SEO Blogger untuk Redirrect
klik untuk memperbesar gambar
 Selanjutnya klik simpan perubahan.

Hasilnya adalah, jika ada broken link yang datang dari mesin pencari, maka otomatis akan di redirrect/dialihkan ke halaman yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai contohnya anda bisa melakukan test terhadap broken Link dari blog ini dengan meng-klik alamat ini : http://pasartokoonline.blogspot.com/brokenlink.html.

Selamat mencoba

12 komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi Broken Link dengan Fitur SEO Blogger"

  1. Mantab nih tutorialnya.. Ijin coba sob :-)

    BalasHapus
  2. keren gan infonya, ane coba dulu caranya..

    visit:http://emadeharyo.blogspot.com/2012/10/menggunakan-internet-secara-positif.html

    BalasHapus
  3. ternyata lbh gampang ya sob...:D
    saya cb terapkan sob..
    makasih ya dah berbagi..

    BalasHapus
  4. Makasih sob atas infonya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  5. ternyata yang dicari2 ada disini, makasih sob..

    BalasHapus
  6. thanks sob

    Ini yang ane cari2

    sekali lagi thanks

    BalasHapus
  7. ternyata untuk mengatasi broken link menggunakan script,,,terimakasih infonya

    BalasHapus
  8. makasih infonya master, web obat penumbuh rambut botak saya sudah tidak ada broken link lagi

    BalasHapus
  9. Akhirnya saya menemukan artikel informatif seperti itu dari situs web Anda. Ini sangat berguna bagi kami untuk memperkaya pengetahuan kami dan semoga Anda terus melanjutkan hari demi hari untuk berbagi artikel yang informatif. Karena sekarang saya pikir agak sulit untuk menemukan seperti milik Anda. Tidak bisa menunggu posting Anda berikutnya sesegera mungkin. Terima kasih.

    BalasHapus