Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Cara Submit Sitemap Terbaru dari Blogger

Cara Submit Sitemap Terbaru dari Blogger - Meski ini sebenarnya bukan hal baru lagi, tapi tidak ada salahnya jika Tukang Toko Online membagikan tips untuk submit sitemap dari Blogger yang paling baru ini. Blogger secara diam-diam sudah mengganti sitemap XML untuk semua Blog BlogSpotnya. Ini merupakan fitur lama yang sudah ditunggu-tunggu sebenarnya dan baru akhir-akhir ini diluncurkan, meski fitur ini baru support khusus untuk blog dengan domain BlogSpot, bukan untuk  memetakan blogspot dengan Custom Domains. Namun ini cukup menggembirakan, karena sitemap xml ini secara SEO sangat "ramah" dengan yang namanya Search Engine Crawlers.Yang ujungnya bisa meningkatkan SERP blog di blogspot tersebut

Sedikit mengenai Sitemap XML

Sitemap XML adalah sebuah dokumen yang mendaftar semua URL pada Blog/Website. Dokumen XML ini digunakan oleh Search Engines untuk mengidentifikasi dan melakukan crawl halaman pada Website anda. Sitemaps bisa memiliki xsl style sheets yang melekat pada pada blog tersebut, namun Blogger Sitemap tidak memiliki style sheets apapun yang dilekatkan di situsnya. Sitemaps dibuat oleh blogger yang memiliki url dan modifikasi tanggal terakhir, yang akan membantu search engines dalam mengidentifikasi konten yang fresh pada blog anda , melakukan crawl dan pengindex-an yang sama.

Bagamana Membuat Sitemap untuk blogger

Sekarang sangat mudah untuk membuat sitemap di Blogger. Untuk mengaksesnya, cukup tambahkan sitemap.xml ke bagian terakhir dari URL blog anda. Anda tidak harus menambahkan feeds sebagai sitemaps di Web Master tools lagi.

Sebagai contoh http://bloganda.blogspot.com/sitemap.xml akan memberikan anda Sitemap dari Blog Google secara resmi. Untuk blog yang memiliki terlalu banyak posting , URL ini tidka memberikan sitemap yang sebenarnya tetapi mengindex sitemap yang mengarah pada sitemaps yang sebenarnya. Pada saat membuat post ini, yang akan terindex memiliki 3 sitemaps url terpisah. COntoh seperti gambar di bawah

blogger-xml-sitemap-index-of-google-blog 

Dokumen XML mengandung referensi ke tiga sitemap, yang memiliki detail dari semua URL pada Blog Google.

http://googleblog.blogspot.com/sitemap.xml?page=1
http://googleblog.blogspot.com/sitemap.xml?page=2
http://googleblog.blogspot.com/sitemap.xml?page=3

Untuk Blog dengan jumlah post lebih sedikit (kurang dari 1000), sitemap.xml akan memberikan anda sitemap yang sebenarnya.
Contohnya : dari Blog Official Android Developer - http://android-developers.blogspot.com/sitemap.xml

blogger-xml-sitemap-ofandroid-developer-blog

Pada saat ini, sitemap tersebut tidak bekerja pada Custom Domains. Untuk cara setting sitemap.xml di blogspot custome domain akan dibahas Tukang Toko Online lain kali.

Menambahkan Sitemap ke Webmaster Tools

Saat ini untuk mendaftarkan sitemap di webmaster tool tidka lagi harus memakai Blogger feeds, yang mana harus menyediakan feed yang terpisah untuk setiap 500 post. Saat ini anda hanya perlu menambahkan 'sitemap.xml' sebagai sitemap Blog Anda (bahkan jika blog anda memiliki posting lebih dari 1000).

Semoga bermanfaat
Original Source : bloggerplugins.org

Posting Komentar untuk "Cara Submit Sitemap Terbaru dari Blogger"