Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Membuat Blog Menjadi SEO Friendly

Cara Membuat Blog Menjadi SEO Friendly - Membuat website itu perkara mudah, tapi membuat sebuah website yang disukai oleh google alias SEO Friendly itu perkara lain. Diperlukan beberapa langkah dan faktor yang harus diperhatikan untuk menjadikan sebuah website benar-benar ramah SEO (Search Engine Optimation).

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar website atau blog kita benar-benar ramah terhadap SEO khususnya terhadap Google Search Engine.

Faktor 1. Memiliki Peta Situs / SiteMaps

SiteMaps merupakan panduan untuk search engines dalam menelusuri website kita.  Dengan sitemap, crawl robot google akan lebih mudah menemukan berbagai macam konten, fitur dll. yang ingin di crawl oleh robot google dengan cepat. Jadi pastikan website atau blog anda sudah mendaftarkan sitemap di google webmaster.

Membuat website SEO FriendlyFaktor 2. Meta Deskripsi di Homepage

Ini merupakan sebuah teks yang menunjukkan nama atau deskripsi situs Anda di hasil penelurusan atau ketika anda membaginya  ke sebuah situs lain seperti Facebook. Anda pasti menginginkan website anda terlihat lebih profesional ketika ditemukan search engines, maka pastikan bahwa meta deskripsi homepage anda cukup ringkas, deskriptif, dan ditulis dengan baik. Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci utama di Meta Deskripsi Anda.
Jadi jangan biarkan meta deskripsi di homepage website anda kosong agar bisa mengoptimalkan fitur SEO di blog anda

Faktor 3. Meta Keywords di Homepage 

Fungsinya adalaha agar search engines bisa mengklasifikasikan website anda. Informasi keyword ini semata-mata diperlukan oleh search engine, jadi tidak akan muncul dan terpampang di hasil pencarian seperti halnya Meta Deskripsi di Homepage. Namun meta keyword sangat penting untuk search engine.

Faktor 4. Judul Bar Halaman (Title Bar Page)

Pastikan setiap posting website atau blog Anda sudah masuk atau memiliki fitur judul bar halaman seperti gambar di bawah ini. Karena Search engine akan suka dan lebih mudah mengenali posting yang sudah anda buat. Ini juga termasuk prinsip SEO yang penting. Jika belum, pelajari cara memunculkannya. Anda bisa mencari caranya melalui google karena sudah banyak dibahas.
text title bar



Faktor 5. Properti Gambar (Image Properties)

Cukup penting untuk setiap gambar yang berada di situs anda memiliki properti seperti deskripsi. alt text dll. cukup mudah jika anda memakai platform wordpress, karena ada opsi menu untuk editing setiap gambar, tapi untuk platform blogspot cukup terbatas. Untuk memberikan image propertis bisa  dilakukan setiap kali posting dan mengunggah gambar ke posting baru anda. Dengan memberikan properti berupa deskripsi, alt txt dll.

Ini diperlukan karena search engine tidak bisa mengcrawl gambar. Robot hanya bisa mengcrawl tulisan. Jadi agar gambar anda juga bisa terindeks, diperlukan properti image tersebut.

Faktor 6. Keywords, Filenames, and Captions untuk Gambar

Ada 3 hal yang diperlukan agar gambar di situs Anda terdaftar di hasil pencarian search engine google.
Keywords dan Captions: disini anda bisa menambahkan keywords dan captions untuk gambar di situs anda. Beberapa platform CMS sudah memiliki opsi untuk menambahkan hal ini

Filename Keywords: Penting untuk membuat nama file dari gambar yang anda upload adalah nama file yang mengandung kata kunci yang anda bidik. Jadi jika belum, ubahlah nama file yang lebih SEO.

Faktor 7. Selalu update Blog atau Website

Search engine sangat menyukai sebuah blog atau website yang secara konsisten melakukan update kontennya. Khususnya dengan konten yang unik, bermanfaat, up to date, dan yang terpenting bukan konten duplikat alias copy paste.

Meski masih banyak lagi faktor yang bisa membuat website menjadi lebih SEO friendly, tapi 7 faktor tersebut bisa menjadi dasar agar website atau blog anda menjadi lebih SEO Friendly. Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Membuat Blog Menjadi SEO Friendly"