Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Cara Google Mengindeks Website atau Blog

Google merayapi konten website dan blog secara otomatis. Jadi sebagian besar proses pengambilan data dari sebuah website atau blog dilakukan secara otomatis dan hanya membutuhkan sedikit upaya dari pemilik situs.

Untuk masalah perayapan ini, Google menggunakan mesin perangkat lunak dan Algroithma khusus yang dikembangkan oleh Search Engine Google.

Menurut Google, perayapan (crawling) merupakan suatu proses pengambilan dan pengumpulan informasi dari sebuah website untuk tujuan hasil penelusuran Google.

Secara lengkap definisi Perayap Web oleh Google adalah sebagai berikut ini :

definisi perayap Website menurut google

Mesin perayap website utama yang dipakai oleh google dinamakan sebagai Googlebot.

Selain perayapan, google juga melakukan fungsi perenderan website. Pengertian perenderan sendiri merupakan sebuah proses dari perayap google untuk memahami tampilan halaman sebuah website serta perilakunya untuk user website tersebut di berbagai perangkat dan berbagai browser.

Fungsi peryapan Googlebot mirip dengan cara browser menampilkan halaman sebuah website, yaitu Google mengambil URL website, kemudian menjalankan file kode untuk laman tersebut yang umumnya adalah kode HTML dan Javascript. Selanjutnya google mulai merayapi semua bagian laman yang dirujuk oleh kode utama file sebuah website seperti file gambar, file stylesheet, file javascript dan lain-lain.

Jadi sebaiknya sebagai pemilik Website, pastikan agar semua laman yang ingin di indeks google dengan baik agar mudah dirayapi dan informasinya mudah diserap untuk kemudian diproses oleh mesin Google.

Jadi, begitulah cara google mengindeks website atau blog Kita. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "Cara Google Mengindeks Website atau Blog"

  1. Penjelasannya lengkap,
    saya banyak belajar dari web ini, Terima kasih

    BalasHapus