Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

SEO Tips Blogspot untuk Mobilegeddon

Algorithma Mobilegeddon yang diluncurkan oleh Google di akhir April 2015 tersebut membuat perubahan yang cukup signifikan terhadap SERP berbagai website di Google index. Sangat terasa jika website (blog) belum menerapkan fitur desain responsive (mobile friendly). Hasilnya dipastikan akan terjadi penurunan SERP (Search Engine Result Page) yang cukup siknifikan.

Tulisan kali ini akan sedikit memberikan sedikit tambahan Tips SEO untuk blogspot, khusus untuk menyelaraskan dengan algorithma Google terbaru tersebut.

Yang banyak menjadi pertanyaan adalah, apakah tips SEO yang dipakai sebelumnya menjadi tidak berlaku atau sudah tidak mempan untuk diterapkan di Blogspot?
Sejatinya tidak seperti itu, algorithma mobilegeddon sendiri pada intinya difokuskan untuk pengalaman pencarian yang lebih baik melalui google di perangkat mobile. Seperti diketahui dari statistik terbaru mengenai akses internet melalui perangkat mobile, saat ini sudah sangat mendominasi dibandingkan dengan akses melalui perangkat lain, seperti komputer desktop maupun komputer jinjing.

Baca Tips SEO Blogspot paling Mudah dan Berhasil

Itulah sebabnya google melakukan perombakan yang cukup siknifikan pada pengalaman pencarian melalui perangkat mobile di situsnya, dengan menjadikannya lebih user friendly (tentu saja untuk pengguna mobile). Tentu saja hal ini otomatis juga berimbas kepada pemilik situs yang belum memiliki fitur desain responsive. Dan hasilnya adalah penurunan SERP. Berdasarkan informasi ada jutaan situs yang terpaksa mengalami penurunan SERP besar-besaran, ini karena belum diterapkannya fitur responsive di situs mereka.

Berikut ini Tips SEO Blogspot untuk Mobilegeddon

Pastikan blog sudah mobile friendly

Bagaimana cara memastikan kalau blog sudah responsive? Anda bisa memanfatkan dengan memakai tool di webmaster tool dari google.
Dari tool di alamat ini https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/?hl=id, anda tinggal memasukkan link blog, dan tool tersebut akan memberikan informasi apakah situs anda sudah mobile friendly atau belum.
Mobile Friendly SERP
Hasil Pencarian dengan Galaxy S4
Blog yang sudah mobile friendly, jika  dilakukan pencarian google melalui perangkat mobile hasilnya akan ada informasi berupa text mobile. friendly, seperti pada contoh gambar di atas.

Jika ternyata hasilnya adalah belum, apa yang sebaiknya dilakukan?
Ada dua hal yang bisa dipilih untuk dikerjakan.

Pertama, ganti template yang anda pakai dengan template yang responsive atau mobile friendly.
Kedua, jika ternyata anda tidak ingin mengganti template karena berbagai alasan, cukup tambahkan desain responsive di template yang dipakai sekarang (desain ulang template menjadi responsive).
Untuk poin yang kedua ini, anda bisa memanfaatkan jasa redesain fitur responsive template dari tukang toko online, silakan kontak admin untuk info selengkapnya. 

Pastikan Loading Blog tidak lambat

Akan menjadi sia-sia jika ternyata blog anda meskipun sudah responsive tapi ternyata memiliki beban loading yang besar sehingga memperlambat aksesnya. Dengan kata lain lelet.

Jadi dalam hal ini harus benar-benar dipastikan agar blog memiliki loading yang cepat, khususnya saat diakses di perangkat mobile.

Untuk tips mempercepat loading blogspot, anda bisa membaca tips berikut : Tips Mempercepat Loading Blogspot

Re-Crawling Blog dengan Google Webmaster

Ini hanya dilakukan jika blog anda baru saja mengganti atau me-redesigned template menjadi responsive. Tujuannya agar google spider segera melakukan crawling blog anda lagi, sehingga semua link blog yang terindex di google adalah blog dengan desain responsive yang sudah anda rubah.

Anda bisa menggunakan Tips di posting ini untuk melakukan index ulang blog anda.

Jika blog dengan desain responsive yang baru sudah terindex di google, seharusnya untuk setiap link yang terindex ada text informasi mobile friendly nya (lihat contoh gambar di atas).

Beberapa tips sederhana tersebut jika dipadukan dengan teknik SEO blogspot lainnya, pastinya sudah cukup untuk menyelaraskan blog kesayangan dengan Algorithma terbaru google, mobilegeddon. Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "SEO Tips Blogspot untuk Mobilegeddon"

  1. emang bener gan algoritma mobilegeddon berpengaruh ke SERP google, web ane aja yang mobile friendly gmpang naik nya dibandingkan competitor yang lain :D

    BalasHapus