Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

5 Tips Blogging untuk Pemula

Bagaimana cara melakukan blogging (aktifitas menulis di blog)? Atau bagaimana cara menjadi blogger? Dua pertanyaan tersebut paling sering dilontarkan ketika sesorang mulai tertarik untuk menulis di blog atau dengan kata lain menjadi blogger.

Nah, beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantu anda untuk menemukan beberapa jawaban dari pertanyaan umum di atas. Beberapa poin berikut ini merupakan kesimpulan dari beberapa informasi yang didapatkan dari aktifitas blogging yang saya lakukan untuk mencari jawaban dari beberapa pertanyaan di paragraf awal tulisan ini.

Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa membantu untuk melakukan aktifitas blogging dan sekaligus menjadi blogger. Atau bisa juga sebagai informasi awal untuk blogging bagi blogger pemula.
tips blogging pemula

Tulislah Apa yang Kamu Sukai

Pastikan lebih dahulu bahwa anda menyukai aktifitas ini, dan selanjutnya tinggal mencari hal-hal yang anda sukai. Dari sini, anda sudah bisa memulai menulis berbagai hal yang anda sukai. Misalnya dimulai dari hobi ataupun berbagai aktifitas lainnya suka anda lakukan.

Menulis tentang hal-hal yang disukai akan terasa mengasikkan dan tidak membosankan. Selain itu juga terasa lebih mudah dilakukan karena bersentuhan langsung dengan hal-hal yang dirasakan dan dilakukan oleh penulisnya, dalam hal adalah anda sendiri.

Pilih Topik Unik, Berbeda dan Bermanfaat.

Agar blog anda memiliki sesuatu yang baru dan berbeda dengan blog yang lain, pilihlah sebuah topik yang unik dan berbeda. Sesuatu yang unik akan sangat disukai oleh orang. Apalagi jika hal unik tersebut ternyata bermanfaat juga untuk orang lain. Tentu saja tulisan tersebut akan menjadi memiliki nilai tambah.

Sebuah tulisan yang bernilai informasi atau informatif akan sangat diapresiasi oleh orang. Apalagi jika topik yang disuguhkan unik, maka orang tidak akan segan untuk membacanya bahkan merekomendasikannya kepada orang lain.

Sesuatu yang unik dan tidak dimiliki oleh blog yang lain akan menjadi pembeda. Namun jika topik tulisan anda terlalu umum dan banyak ditulis juga oleh blogger lain, maka tingkat persaingan akan sangat tinggi, sehingga blog anda akan diabaikan karena reputasi yang belum terbangun.

5 Topik Blog Paling Populer ini bisa membantu anda mencari topik blog populer yang anda inginkan.

Tulis Apa yang Kamu Bicarakan

Menulislah seperti ketika anda sedang berbicara dengan orang lain. Atau dengan kata lain tulislah apa sedang anda bicarakan.

Tulisan seperti ini akan terasa anda sedang mengajak berbicara dengan pembaca anda. Dan, pembaca tulisan pun merasa sedang diajak bicara oleh anda. Tulisan yang komunikatif seperti ini sangat disukai oleh pembaca, dan biasanya akan memancing pembaca blog anda untuk berkomentar, sehingga akan terjadi interaksi yang bagus.

Blog-blog dengan reputasi yang tinggi dan ramai, kebanyakan memiliki bahasa tulisan yang komunikatif seperti ini.

Pilih konten yang Bagus

Tentu saja, untuk memiliki sebuah blog yang bagus anda harus memiliki konten yang bagus. Jadi, pada prinsipnya, jangan sekedar menulis di blog, tapi usahakan tulisan yang anda tuangkan dalam blog benar-benar berkualitas.

Carilah referensi sebanyak-banyaknya untuk topik yang akan anda tulis. Diperlukan sedikit riset bahan tulisan agar bisa mendapatkan sebuah tulisan yang bagus.
Tulisan Konten berkualitas SEO ini bisa membantu anda.

Pelajari SEO (Search Engine Optimization)

Mempelajari SEO adalah tahapan penting bagi seorang blogger. Menulis di blog tentu saja berharap tulisan anda dibaca banyak orang. Nah, cara untuk mendapatkan banyak pengunjung blog yang bersedia membaca tulisan di blog anda adalah dengan SEO ini. Dengan memahami SEO ini, harapannya adalah semakin banyak tulisan di blog anda memiliki SERP (Search Engine Result Page) yang bagus di Google.

Dengan semakin banyaknya tulisan di blog berada di peringkat yang bagus di google index, otomatis akan memancing orang untuk berkunjung ke blog anda. Tentu saja melalui mesin pencari Google.

Mempelajari SEO bisa dilakukan sambil berjalan ketika anda juda sedang melakukan aktifitas blogging. Hal ini bisa perlahan-lahan dilakukan sambil berproses. Beberapa tulisan berikut ini mungkin bisa membantu anda untuk memahami sedikit mengenai SEO.


#Bonus : Perbanyak Backlink

Backlink sampai saat ini sangat dibutuhkan oleh sebuah situs web. Backlink dalam kehidupan sehari-hari bisa diibaratkan sebagai referensi. Jadi Semakin banyak referensi yang anda miliki maka akan bisa semakin menaikkan reputasi blog anda. Tentu saja backlink yang dimaksud disini tidak sembarangan, seperti halnya referensi.

Jika referensi yang didapatkan dari seseorang yang sudah memiliki reputasi yang bagus maka otomatis reputasi yang direferensikan akan terpercaya. Begitu juga sebaliknya. Backlink juga seperti itu, jika didapatkan dari situs yang memiliki reputasi yang bagus akan bisa menaikkan SERP.

Tulisan berikut bisa membantu anda memahami backlink dengan baik.
Tips mendapatkan backlink berkualitas
Nah, tentu saja masih banyak faktor lain yang bisa anda pelajari sendiri agar proses blogging dan menjadi seorang blogger profesional benar-benar bisa terpenuhi. Namun, 6 tips blogging untuk pemula tersebut sudah cukup kiranya dijadikan informasi awal untuk menjadi menjadi seorang Blogger (pemula). Semoga bermanfaat.

1 komentar untuk "5 Tips Blogging untuk Pemula"