Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Mengoptimalkan Website Toko Online (Tips Jitu Terbaru)

Para penjual online kebanyakan banyak menghabiskan waktu untuk memperbarui taktik pemasaran dan selalu mengembangkan teknik kampanye iklan mereka. Namun hal tersebut bisa jadi mubazir ketika website Anda belum optimal untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung website Anda.

Nah, dengan tips-tips berikut ini, perpaduan strategi pemasaran digabungkan dengan optimalisasi website toko online Anda, niscaya akan bisa meningkatkan penjualan produk dalam jumlah yang sangat siknifikan.
Baca juga : Bikin Toko Online itu Mudah
Beberapa tips berikut ini sangat layak Anda aplikasikan untuk meraih pelanggan dalam jumlah yang siknifikan dibandingkan jika website anda belum dioptimasi dengan tips ini.

tips mengoptimalkan Toko Online


Berikut tipsnya.

Desain website yang sederhana

Sebuah website toko online yang memiliki desain yang sederhana akan bisa membuat pengunjung lebih fokus kepada semua produk yang ditawarkan hanya dalam hitungan detik setelah tiba di homepage. Singkirkan teks-teks serta desain tata letak yang tidak perlu di sekitar produk utama Anda. Hindarkan pengunjung dengan terlalu banyak pilihan. Anda bisa menggunakan gambar header besar atau serangkaian gambar dengan scrolling untuk menampilkan promosi produk terbaru atau populer.

Navigasi kategori harus sesederhana dan seintuitif mungkin, sehingga memudahkan pengunjung untuk melakukan pilihan klik.

Tempatkan kotak pencarian di tempat yang menonjol di setiap halaman untuk memberikan pelanggan pilihan menuju ke produk yang mereka inginkan.

Deskripsi Produk pastinya selalu menyediakan semua informasi yang diperlukan dalam beberapa kalimat deskriptif, hanya menawarkan apa yang dibutuhkan pengunjung.

Pastikan juga bahwa tombol "add to cart" terlihat pada halaman produk maupun dalam hasil pencarian.

Menyediakan filtering Pencarian

Mempersempit hasil pencarian sebuah produk dengan beberapa filtering yang sudah disediakan akan sangat membantu pengunjung. Hal ini sangat disukai, karena akan mempercepat proses pencarian produk yang mereka inginkan.

Dengan adanya filtering pencarian ini, maka proses pencarian sebuah produk dengan kata kunci atau kategori tertentu akan lebih fokus dan lebih cepat mengarahkan pengunjung kepada produk yang mereka cari dan inginkan.

Membuat filter di sidebar dengan pilihan-pilihan seperti kategori, merek, harga, dan warna bisa sangat membantu orang menemukan apa yang mereka inginkan dengan lebih cepat.

Posisi link "Breadcrumb" di bagian atas pada setiap halaman juga bisa membantu memudahkan pengunjung mengklik kembali ke Kategori sebelumnya ketika sedang browsing produk.

Jadi, tujuannya adalah tetap memberikan rancangan yang sesederhana mungkin bagi pengunjung untuk mencari produk yang ingin mereka beli.

Pembeli online di sebuah toko online, tidak ingin berlama-lama menghabiskan waktu dengan memilah-milah halaman per halaman untuk mencari produk yang mereka butuhkan. Filter navigasi produk ini akan sangat membantu dan sangat disukai oleh pembeli potensial toko Anda.

Membuat Lebih Personal

Setiap pengunjung memiliki tipe yang berbeda-beda, berdasarkan kebutuhan dan keinginan mereka. Memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal akan lebih disukai oleh pembeli online. Salah satu contohnya adalah dengan menambahkan fitur related product atau produk terkait yang relevan dengan hasil pencarian produk yang mereka butuhkan.

Proses pencarian produk oleh pengunjung toko online Anda, akan memberi Anda kesempatan untuk menyesuaikan pengalaman belanja mereka. Anda bisa menggunakan apa yang dicari orang untuk melacak tren dan melihat produk yang mendapatkan perhatian paling banyak.

Informasi seperti ini bisa diterapkan untuk pelanggan individu dalam bentuk rekomendasi produk yang disesuaikan dengan minat mereka. Rekomendasi beberapa produk yang mirip dengan apa yang mereka butuhkan dan inginkan membuat pengunjung merasa lebih personal di saat menjelajahi website Anda.

Merampingkan Checkout

Bahkan Pelanggan yang sudah pada tahap checkout akan bisa meninggalkan situs anda, ketika proses checkout anda terasa berbelit dan bertele-tele.

Hal ini biasanya terjadi karena proses checkout yang terlalu lama, terlalu rumit atau membutuhkan banyak input data informasi.

Solusinya, jika memungkinkan buatlah proses checkout hanya di satu halaman. Atau, jika Anda tidak bisa menggunakan satu halaman checkout, pastikan bahwa setiap halaman memiliki navigasi yang jelas dan mudah untuk proses ini.

Jadi prinsipnya disini adalah buatlah proses checkout sesederhana dan semudah mungkin bagi pembeli potensial anda.

Nah, proses mengoptimalkan website toko online Anda ini akan bisa sangat membantu peningkatan yang cukup siknifikan penjualan di toko online Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : mybloggertricks.com

2 komentar untuk "Mengoptimalkan Website Toko Online (Tips Jitu Terbaru)"

  1. Jadi dapat ilmu baru nih membaca artikel tips jitu optimalkan toko online

    BalasHapus
  2. Ane setuju dengan point ( website yang sederhana ) ini sangat betul sekali. Kalo misalkan saya pun melihat web online terlalu ramai dengan produk dan tidak mementingkan kenyaman pengunjung sama aja bohong.

    BalasHapus