Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Cara Mudah Install Woocommerce ke Toko Online Wordpress Anda

Sampai saat ini, bisa dikatakan bahwa plugin WooCommerce bisa dikatakan merupakan plugin ecommerce yang paling easy friendly dan memiliki support yang cukup lengkap dalam penggunaannya.

Sangat banyak plugin pendukung yang dikembangkan langsung oleh pihak developer pengembang plugin WooCommerce ini sendiri maupun oleh pihak ketiga baik secara secara gratis maupun berbayar. Sehingga semakin melengkapi fitur-fitur yang ada pada plugin WooCommerce ini. Bisa dikatakan bahwa WooCommerce merupakan salah satu Plugin Wajib Wordpress khususnya untuk website toko online.

Dan yang paling disukai dari plugin ini sampai saat ini adalah dengan masih gratisnya plugin ini. Serta proses intalasi yang cukup mudah. Serta tidak membutuhkan ruang yang cukup besar, sehingga tidak begitu menghabiskan storage hosting Anda. Banyak pihak selain dari pengembang plugin WooCommerce ini sendiri, yang menyediakan theme untuk woocommerce ini baik secara gratis maupun berbayar. Sehingga Anda tidak perlu kuatir untuk mendapatkan theme yang sesuai dan kompatible dengan plugin ini.

Seberapa mudah sih, proses install dan setting plugin ini ke dalam wordpress Anda? Nah berikut ini akan Saya berikan panduannya.

Setting dan install woocommerce

Asumsi Saya disini, Anda sudah memiliki website berbasis Wordpress.

Step by Step Panduan Install Plugin WooCommerce

Mengaktifkan / install WooCommerce

1. Login ke wordpress Anda, dengan menambahkan /wp-admin dibelakang domain Anda.

login Wordpress

2. Setelah masuk ke dashboard Admin Wordpress, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan install WooCommerce.
  • Dari menu di sisi kiri, pilih Plugins.
  • Pada halaman plugins tersebut, klik pada tombol Add New.
  • Cari plugin WooCommerce pada kolom pencarian plugin yang tersedia. Setelah ketemu plugin WooCommerce tersebut, klik tombol Install Now.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi instalasi WooCommerce yang tengah berlangsung. 
  • Ketika proses instalasi sudah selesai dan berhasil, klik tombol Activate

3. Dari proses install WooCommerce yang sudah Anda jalankan tersebut, maka plugin WooCommerce pada website Wordpress Anda sudah Aktif.

Setting Plugin WooCommerce

Untuk memulai WooCommerce, akan jauh lebih mudah dengan memanfaatkan fitur Setup Wizard. fitur ini akan otomatis muncul setelah Anda mengaktifkan plugin Woocommerce pertama kali.

woocommerce setup wizard

Begitu proses instalasi yang Anda lakukan berhasil, otomatis akan muncul pesan selamat datang atau welcome message dari WooCommerce yang akan meminta Anda menjalankan Setup Wizard. 
Disini, Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk dari wizard yang sudah disiapkan oleh developer plugin ini. 

Jika secara tidak tidak sengaja Anda mengklik tombol Skip Setup, Anda masih tetap bisa menjalankan Wizard dari halaman WooCommerce -> Help -> Setup Wizard.

run setup wizard woocommerce

Langkah-langkah setting melalui wizard:

1. Page Setup
2. Store Locale Setup
3. Shipping & Tax
4. Payment Setup
5. WooCommerce Siap dijalankan

1. Page Setup
Pada bagian ini, WooCommerce memberikan informasi bahwa tim developer akan membuatkan halaman utama secara otomatis yang terdiri dari laman shop, cart, checkout, dan my account. Halaman-halaman ini diperlukan agar plugin WooCommerce bisa bekerja secara maksimal. Teruskan dengan mengklik tombol Continue.

WooCommerce Page Setup


2. Store Locale Setup
Pada tahap bagian ini Anda diminta untuk menentukan lokasi toko, currency, weight, serta dimension measurement unit. Anda harus mengisinya dengan rincian yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh toko Anda, selanjutnya klik tombol Continue.

store locale setup woocommerce

3. Shipping & Tax Setup
Pada bagian ini Anda disuruh menentukan produk yang akan anda kirim. Anda bisa menghapus pilihan ini jika yang Anda jual adalah barang virtual. Anda juga bisa mengaktifkan/menonaktifkan (enable/disable) konfigurasi pajak di bagian ini. kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

shipping tax setup woocommerce

4. Payment Setup
Pada bagian ini, Anda bisa menentukan metode pembayaran yang Anda ingin terapkan untuk toko online Anda. 

payment setup wizard woocommerce

Anda masih bisa merubah metode pembayaran ini nantinya pada menu setting di bagian woocommerce pada menu samping di dashboard admin.

5. WooCommerce siap dijalankan
Anda sudah berhasil melakukan setting WooCommerce. 
Selanjutnya tinggal memilih mengklik tombol Create your first product! yang fungsinya untuk memulai memposting produk pertama Anda, atau mengklik Return to the WordPress Dashboard. untuk kembali ke dashboard admin.

WooCommerce ready

Untuk panduan lengkap mengenai WooCommerce seperti penambahan plugin, posting produk, edit fitur lainnya beserta ebooknya, bisa Anda dapatkan dan baca di sini WooCommerce : Plugin shopping cart gratis dengan fitur premium.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Install Woocommerce ke Toko Online Wordpress Anda"