Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Merubah Blogspot Menjadi Aplikasi Android

Bagimanakah caranya agar Blogspot yang kita miliki bisa dirubah menjadi aplikasi Android? Atau dengan pertanyaan lain, bisakah Blogspot dikonversi menjadi aplikasi Android?

Pertanyaan yang sederhana ini ternyata membutuhkan jawaban yang lumayan panjang.

Baiklah, Saya akan mem breakdown jawabannya satu persatu.

Yang pertamakali yang akan saya jelaskan adalah mengenai apa tujuan membuat aplikasi android untuk Blogspot?
konversi aplikasi android

Manfaat dan tujuan Membuat Aplikasi Android

Berikut ini ini adalah beberapa manfaat memiliki aplikasi (Android) untuk website kita secara umum:
  • Memudahkan user mengakses website Kita.
  • Memberikan tampilan yang mobile friendly untuk website kita.
  • Memiliki pengunjung yang loyal dan pasti.
Tiga jawaban tersebut adalah hal utama mengenai manfaat aplikasi pada blogspot Kita. Mari kita uraikan satu persatu lagi.

Memudahkan User mengakses website Kita

Ini sangat benar, karena orang yang bersedia mengunduh dan memasang aplikasi tentunya dengan sukarela mengijinkan gawai mereka terpasang icon yang menandakan bahwa aplikasi kita tersebut ada (terinstall) di perangkat mereka.

Dan tentu saja ini sangat memudahkan pemilik perangkat untuk mengunjungi website kita, tanpa harus repot-repot lagi membuka browser dan mengetik alamat website kita di address bar browser.

Bisa dikatakan icon dari aplikasi ini adalah jalan pintas untuk mengakses website yang kita miliki.

Memberikan tampilan yang mobile friendly

Hal ini sudah pasti, karena aplikasi (Android) hanya bisa diakses melalui perangkat mobile, dalam ini adalah smartphone, otomatis tampilan dari website pun menyesuaikan dengan ukuran layar gawai tersebut alias harus mobile friendly.

Jadi dengan adanya aplikasi tersebut, otomatis website juga memiliki tampilan yang responsif, karena harus menyesuaikan ukuran layar perangkat secara otomatis. Dan untungnya saat ini, hampir semua template blogspot sudah mendukung tampilan responsif tersebut.

Ini adalah salah satu manfaat lainnya dari hadirnya aplikasi untuk blogspot.

Memiliki Pengunjung yang Loyal dan Pasti

Sesorang yang sudah dengan sukarela memasang aplikasi website Anda ke perangkat pribadinya, sudah bisa dipastikan adalah pengunjung dan loyal. Dengan demikian juga sudah pasti bisa diharapkan intensitas kunjungannya ke website Kita.

Sekarang yang jadi masalahnya adalah, bagaimana cara kita bisa meyakinkan orang agar bersedia memasang aplikasi kita tersebut ke perangkat mereka dengan sukarela? Nah untuk jawaban dari pertanyaan ini ada hubungannya dengan SEO serta juga reputasi dari website yang kita kelola.
Baca Juga :
Nah, dari tiga uraian penjelasan mengenai manfaat aplikasi tersebut, jika Anda masih menginginkan membuat sebuah aplikasi untuk blogspot Anda, berikut ini akan Saya bagikan informasi mengenai beberapa Tool Online yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat aplikasi tanpa harus melakukan coding yang rumit.

Membuat Aplikasi Android dengan Application Maker

Memang, untuk sebuah website yang sudah ada dan sudah memiliki fitur tampilan yang responsif, pembuatan aplikasi cenderung lebih mudah. Ada banyak tool online yang bisa dipakai untuk mengkonversi blogspot menjadi sebuah aplikasi (Android) atau jika memiliki pengetahuan mengenai coding, bisa melakukannya sendiri dengan software pembuat aplikasi. Untuk aplikasi android, Google juga sudah membuat software khusus yang dinamakan Android Studio yang bisa diunduh dan dipake secara gratis.

Namun jika Anda merasa terlalu ribet dan melelahkan untuk membuat aplikasi sendiri dengan melakukan coding dari dasar, bisa memanfaatkan beberapa tool aplication maker yang gratis secara online ini.

Berikut ini adalah beberapa tool online yang bisa dimanfaatkan untuk membuat aplikasi Android secara online dengan tanpa dibutuhkan pengetahuan tentang coding sama sekali dan sekali lagi gratis.

AppsGeyser

Tool AppGeyser
Tool AppGeyser ini memiliki tampilan yang menarik dan kelihatan user friendly alias mudah digunakan. Tool online ini cukup populer dikarenakan kemudahannya dalam membuat sebuah aplikasi.

Banyak pilihan yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan tool ini untuk membuat aplikasi. Ada beberapa kategori aplikasi yang bisa Anda buat dengan tool ini, misalnya website, map, messenger, RSS dan masih banyak lagi pilihan kategori lainnya.
Baca juga : Cara Mudah Bikin Aplikasi Android
Selain itu, pada tool online gratisan ini, pengguna juga bisa membuat sebuah game android, jadi tidak melulu untuk membuat aplikasi.

Andromo

tool aplikasi maker online Andromo

Andromo hampir mirip dengan AppGeyser. Pengguna juga bisa memilih beberapa kategori untuk membuat aplikasi, seperti Facebook, Map, RSS, Twitter, Youtube dan lain-lain.

Selain itu Andromo juga menyediakan fitur monetisasi aplikasi yang dimaksudkan supaya pengguna juga bisa mendapatkan penghasilan dari aplikasi yang dibuat. Andromo juga memiliki fitur Google Analytic untuk mengetahui data pengguna aplikasi lain yang memasang dan menggunakan aplikasi yang dibuat di Andromo ini.

Jadi, dari pertanyaan di awal tulisan ini, sudah jelas jawabannya, bahwa kita tidak perlu secara khusus membuat aplikasi Android jika sudah memiliki situs web / blog di blogspot. Yang dilakukan cukup mengkonversinya dengan beberapa tool online, atau jika memiliki kemampuan coding bisa melakukannya dengan membuat aplikasi berbasis webview alias aplikasi yang berbasis pada tampilan website aslinya. Karena tampilan blogspot sudah responsive jadi hal ini dengan mudah bisa dilakukan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Merubah Blogspot Menjadi Aplikasi Android"