Iklan

Prinsip SEO yang Tak Pernah Terpengaruh Perubahan Algorithma Google

Baca Juga



Google secara berkala selalu memperbaharui algorithma pencariannya. Bisa dikatakan robot Google semakin lama semakin cerdas dan semakin susah diakali, karena mereka (Tim mesin pencari Google) ini selalu belajar dan mengembangkan robot perambannya, untuk mengatasi berbagai permasalahan yang selalu muncul.

Jangan selalu berharap jika beberapa trik SEO yang sebelumnya manjur diterapkan pada algorithma terdahulu, akan mempan diterapkan juga pada algorithma Google yang baru. Ini khususnya adalah untuk para pemain Black Hat SEO (Sebutan untuk yang sering mengakali SEO Google).
prinsip SEO Google yang selalu update

Namun jangan kuatir, karena sebenarnya jika Anda adalah termasuk yang menerapkan konsep dan prinsip SEO secara sehat dalam hal ini sesuai dengan aturan main pihak Google, ada prinsip-prinsip utama SEO yang sebenarnya tidak pernah terpengaruh bahkan meskipun pihak Google selalu memperbaharui algorithma di sistem pencarian mereka melalui robot peramban yang dimilikinya.

Apa saja prinsip SEO yang membuatnya tidak terpengaruh oleh perubahan Algorithma Google?
Silakan simak ulasan berikut ini.

Pastikan Situs Anda terlihat & terbaca oleh Robot Peramban

Benar.., Anda harus memastikan bahwa website yang Anda kelola benar-benar bisa terlihat dan terbaca semua oleh robot peramban. Dengan kata lain sudah tidak ada lagi error yang ditemukan yang disebabkan oleh kesalahan struktur kode pada website.

Kenapa harus terlihat dan terbaca oleh Robot peramban Google? Ya.. karena robot peramban inilah pekerja yang dikirimkan oleh Google untuk melihat, memeriksa dan memastikan apakah website Anda sudah memenuhi semua prinsip (salah satunya SEO) dan aturan dari Google ataukah belum.
Nah disinilah diperlukan pemahaman tentang SEO onpage pada situs web yang Anda kelola.

Jika terdapat error, maka robot peramban tentu saja gagal membaca struktur kode yang ada pada website Anda. hasilnya tentu saja sangat berpengaruh terhadap SEO pada website yang berujung pada peringkat SERP website di sistem pencarian Google.

Lalu, bagaimana cara memastikan bahwa website yang kita kelola bisa diramban dengan sempurna oleh Robot peramban Google tanpa kesalahan?

Google memiliki sebuah Tool yang bisa dipakai untuk memeriksa apakah ada kesalahan struktur kode pada sebuah website. Tool ini adalah bagian dari search Console Google. Cukup ketikan kata 'Tool data struktur google' pada laman pencarian Google, maka pada hasil pencarian teratas akan muncul hasil yang diinginkan.

Di situ Anda sudah bisa memerika apakah website yang Anda kelola sudah valid struktur kodenya ataukah masih banyak terdapat error.

Bagaimana cara memperbaiki kesalahan yang terjadi akibat error pada struktur data website? Jangan kuatir, sudah sangat banyak panduan yang bertebaran mengenai cara mengatasi berbagai masalah akibat munculnya error pada data struktur sebuah website. Anda bisa Googling dan tinggal terapkan panduan tersebut pada website yang Anda kelola.

Content is King

Konten / posting / artikel pada sebuah website (atau blog) sampai saat ini adalah masih sebagai rajanya SEO. Jangan pernah berharap artikel hasil copy paste Anda bisa memiliki SERP yang bagus.

Sejak awal dibuatnya Google adalah untuk mengklasifikasikan konten sebagai hasil pencarian. tentu saja mereka tidak berharap jika ternyata didapati konten yang sudah susah payah mereka tampilkan sebagai hasil pencarian ternyata hasil dari duplikat alias hasil copas dari konten asli lainnya. untuk itulah Google menciptakan sebuah algorithma khusus yang bisa mendeteksi apakah konten yang Anda miliki itu orisinil atukah hasil duplikat atau copas.

Dari informasi ini tentunya Anda sudah bisa memahami bahwa ternyata memiliki sebuah artikel / post / konten yang asli hasil bikinan sendiri memiliki nilai yang besar khususnya di mata SEO. Jadi jangan kuatir, meskipun konten anda di copas oleh pihak lain, Google tetap akan bisa membedakan mana konten yang asli dan hasil copas an.

Bagaimana cara memeriksa apakah konten yang kita miliki itu asli ataukah duplikat? Sudah banyak sekali tool online untuk memeriksa duplikasi konten. Anda tinggal copas sebagian artikel yang Anda tulis, dan coba periksa di tool yang anda cari melalui Google tersebut. Dari situ akan jelas apakah konten Anda lolos dari duplikasi ataukah tidak.

Intinya, Google sangat menyukai sebuah situs yang isinya adalah konten-konten yang orisinil dan informatif. Situs seperti inilah yang berpeluang besar untuk selalu bertahan di peringkat teratas pencarian dalam jangka waktu yang lama.

Membangun Reputasi Situs Web dengan Backlink Berkuallitas

SEO pada beberapa tahun awal prinsip ini berkembang dikenal istilah link building. Mungkin masih banyak yang teringat dengan istilah Link Building, atau dengan bahasa lain adalah membangun link.

Pada masanya salah satu cara untuk membangun link ini adalah dengan cara blogwalking dan saling bertukar link. Seiring waktu cara ini ternyata diketahui tidak berpengaruh apapun terhadap SERP sebuah situs. bahkan malah bisa menurunkan SERP situs web Anda.

Lalu, bagaimanakah cara membangun backlink berkualitas pada website. Saya pernah menuliskannya disini, Tips Mendapatkan Backlink Berkualitas. Berbekal artikel tersebut, Anda pasti sudah bisa memiliki pandangan mengenai proses membangun backlink yang berkualitas dan tentu saja disukai Google.

Nah ketiga prinsip di atas sebenarnya cukup sederhana untuk dijalani. Karena hal itu sebenarnya merupakan prinsip standar yang biasa dilakukan oleh seorang pengelola website/blog. Dengan begitu situs web Anda sudah melaksanakan prinsip SEO yang tak terpengaruh oleh pergantian algorithma yang sering dilakukan oleh Google atau dengan kata lain tak lekang oleh waktu.
Semoga bermanfaat.

Komentar