Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

SEO untuk Aplikasi Android

Popularitas Android yang tersemat pada perangkat komunikasi bergerak seperti ponsel pintar pada saat ini sudah sangat masif di dunia. Tak terkecuali di Indonesia, yang bisa dikatakan merupakan surganya untuk perangkat dengan sistem operasi ini. Pastinya, dengan persebaran secara masif ini, khususnya penggunaan ponsel pintar, juga mempengaruhi pola perilaku penggunanya. Salah satunya adalah cara mencari dan mendapatkan informasi yang bisa dilakukan dengan hanya melalui ponsel pintar tersebut.

Tak terkecuali juga berpengaruh terhadap cara mengakses berbagai situs online, yang berdasarkan beberapa penelitian persentasenya sudah melebihi 50% dibandingkan akses yang dilakukan melalui PC desktop. Cara mengakses sebuah situs melalui ponsel pintar berbasis Android pun bisa lagi dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah secara konvensional melalui browser yang biasanya sudah tersemat pada perangkat, yang kedua adalah mengakses melalui aplikasi.

SEO Aplikasi Android


Cara yang pertama hampir mirip dengan cara mengakses sebuah situs melalui PC desktop, sedangkan cara yang kedua merupakan perkembangan baru dari teknologi. Pada saat ini  hampir setiap situs web yang populer dan bereputasi tinggi memiliki pilihan akses dalam bentuk aplikasi untuk perangkat ponsel pintar.
Baca Juga : Cara mudah bikin Aplikasi Blogspot
Pilihan terhadap pembuatan aplikasi ini memang sudah tepat, karena disesuaikan dengan kebutuhan jaman alias teknologi pada saat ini. Tapi apakah setelah memiliki aplikasi hanya berhenti sampai di situ?
Ternyata perjalanan masih panjang. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar aplikasi yang sudah Anda buat untuk website tidak mubazir dan benar-benar bisa bermanfaat untuk menunjang website yang Anda miliki.

Seperti halnya SEO pada sebuah website, aplikasi juga memerlukan SEO agar mudah diakses dan populer, yang pada akhirnya akan berimbas terhadap banyaknya pengunjung ke website/aplikasi yang dimiliki.

Membuat Pemasaran Paralel Aplikasi Anda

Ketika sudah mulai mendapatkan ide untuk membuat aplikasi, jangan menunggu sampai selesai aplikasi dikembangkan. Cara yang terbaik adalah dengan memulai pemasaran bisa berupa iklan atau promosi pada saat proses pembuatan aplikasi sedang terjadi. Jika memiliki blog, Anda bisa memanfaatkannya dengan mereview proyek aplikasi anda ini. Atau bisa mempromosikan melalui media sosial. Buatlah sebuah ulasan, artikel ataupun status yang sedikit banayak membahas mengenai aplikasi yang sedang Anda kerjakan ini.

Semakin banyak orang tertarik dan membicarakan proyek aplikasi anda ini akan semakin bagus untuk pemasaran aplikasi ini nantinya ketika siap diluncurkan.

Buat Aplikasi Anda mudah Ditemukan di PlayStore

Berdasarkan sumber langsung dari Play Console Google, berikut ini adalah beberapa hal yang patut Anda perhatikan jika ingin aplikasi Anda mudah ditemukan di PlayStore, pada saat anda mulai mendaftarkannya.

Membuat listingan toko yang komprehensif
Teks dalam listingan toko membantu pengguna menemukan aplikasi Anda. Hal ini juga penting untuk membuat listingan toko yang menarik. Pertimbangkan tips berikut ini saat mengoptimalkan listingan toko aplikasi di Google Play.

Judul
  • Judul sebaiknya unik dan mudah diakses, hindari istilah umum, dan menonjolkan keunggulan aplikasi tersebut.
  • Jaga agar judul tetap fokus - tampilan judul yang panjang mungkin terpotong, bergantung pada perangkat yang digunakan oleh pengguna untuk menjelajah.
  • Hindari penggunaan istilah umum yang salah eja, karena pengguna mungkin akhirnya mengoreksi istilah penelusuran yang salah eja.
Deskripsi
  • Berfokuslah pada pengguna dan tuliskan manfaat apa saja yang akan mereka dapatkan dari aplikasi Anda.
  • Lihat kembali deskripsi pada aplikasi Google Play dan toko web, untuk memastikan bahwa teks yang paling penting terlihat di bagan "separuh atas”.
  • Gunakan Praktik Terbaik SEO dalam Deskripsi, tetapi perhatikan Kebijakan Konten Google Play mengenai SPAM dan pelanggaran IP (mis. spam kata kunci, peniruan identitas, dan lainnya).

Teks Promo

Berikan deskripsi singkat satu baris tentang pengalaman menggunakan aplikasi Anda. Teks ini hanya digunakan pada versi perangkat lunak Android lama.

Aset Grafis dan Gambar

Ikon, gambar, dan screenshot aplikasi dapat membuat aplikasi tampil lebih menonjol di hasil penelusuran, kategori, dan listing aplikasi unggulan.

Meski tidak semua aset grafis dibutuhkan dalam listingan toko, sebaiknya Anda menambahkan screenshot berkualitas yang menampilkan platform yang didukung untuk aplikasi (misalnya ponsel, tablet 7 inci, atau tablet 10 inci).

Memberikan variasi pemirsa
Melokalkan listingan toko

Google menyediakan terjemahan mesin otomatis untuk listingan toko yang tidak dapat Anda tentukan secara eksplisit untuk aplikasi. Oleh sebab itu, jika Anda menerjemahkan Deskripsi dengan bantuan profesional, hasil penelusuran untuk aplikasi Anda akan lebih baik dan lebih mudah ditemukan oleh pengguna di seluruh dunia. Di Play Console, Anda dapat membeli teks hasil terjemahan manusia dari vendor pihak ketiga.

Faktor penelusuran tambahan
Menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa

Secara keseluruhan, faktor penelusuran Google Play yang ada dalam pengalaman pengguna saat memakai aplikasi Anda, didasarkan pada perilaku dan masukan dari pengguna. Aplikasi diberi peringkat berdasarkan kombinasi rating, ulasan, unduhan, dan faktor lainnya. Detail bobot dan nilai tersebut adalah bagian dari algoritma penelusuran milik Google, tetapi Anda dapat berupaya meningkatkan visibilitas aplikasi dengan cara:
  • Membangun pengalaman pengguna yang lebih tahan lama dan lebih bermakna.
  • Memelihara dan menyempurnakan aplikasi melalui pembaruan reguler.
  • Mendorong pengguna untuk memberi masukan dalam bentuk peringkat dan komentar.
  • Memberikan layanan pelanggan yang bagus dengan menanggapi pengguna dan mengatasi masalah.

Libatkan Kolega, Teman, Kenalan dll.

Libatkan semua jaringan sosial Anda untuk mendownload dan mereview dengan memberikan ulasan pada kolom komentar, tentu saja dengan review yang baik dan walaupun dengan kritik, hendaklah tetap dalam koridor yang membangun bukan menjatuhkan.

Mintalah mereka untuk memberikan rating yang bagus pada aplikasi Anda. Tentu saja ini berlaku jika aplikasi Anda sudah tersedia di PlayStore.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan berhubungan erat dengan SEO Aplikasi, khususnya yang berbasis Android. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "SEO untuk Aplikasi Android"