Iklan

Mengenal Cloud Hosting dan Kapan Kita Membutuhkannya

Baca Juga



Di dunia internet ketika kita menyebut kata Cloud, maka secara otomatis makna yang dimaksud adalah mengenai komputasi awan atau pengertian sederhananya menurut yang bisa dikutip dari Wikipedia yaitu :
"gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis Internet ('awan'). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya."
Pengertian lebih komplek mengenai Cloud ini bisa Anda cek langsung di halaman Wikipedia.

Kali ini Tukang Toko Online akan lebih secara spesifik membahas tentang Cloud Hosting.
Mengapa Cloud Hosting? Karena ini lebih berhubungan langsung dengan toko online khususnya mengenai managemen pengelolaan website, seperti performa, keamanan dll.
Cloud Hosting

Apa itu Pengertian Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan jenis web hosting yang menggunakan lebih dari satu server yang fungsinya untuk menyeimbangkan beban dan memaksimalkan pada saat jam kerja server (uptime). Secara sederhana bisa dikatakan bahwa cloud hosting adalah sebuah teknologi penggabungan beberapa server namun bisa beroperasi layaknya satu server yang utuh dengan menggunakan teknologi penggabungan resource server secara terpusat yang lebih dikenal dengan "cluster".

Sehingga bisa dikatakan jika semakin banyak server dalam satu cluster maka akan semakin besar pula resource pada sebuah cloud hosting.

Cara kerjanya sebenarnya cukup sederhana, yaitu jika terdapat server yang bermasalah, maka server yang lainnya secara otomatis akan menggantikan tugas server yang bermasalah tersebut dalam memenuhi request website.

Apa saja keuntungan menggunakan cloud hosting

Jika Anda bertanya-tanya mengenai apa saja keuntungan menggunakan cloud hosting ini, berikut ada 3 hal yang bisa menjelaskannya :

1. Mampu Menampung Trafik dalam skala besar (Masif)
Dengan memakai cloud hosting, Anda sudah tidak perlu lagi khawatir jika memiliki website dengan trafik yang sangat besar alias masif. Dengan teknologi cluster, cloud hosting mampu melayani ribuan, bahkan jutaan trafik secara bersamaan tanpa mengalami overload (kelebihan beban) yang biasanya menyebabkan website akan down dan tidak bisa diakses.

2. Kemudahan dalam Pengelolaan (Easy to Managed)
Jangan kuatir dengan masalah managemen cloud hosting, karena proses pengaturanya sama dengan Shared hosting yang melalui control panel. Melalui Panel ini semua proses kontrol pengelolaan website Anda bisa dikelola dengan simpel.

3. Memiliki performa yang tinggi dan Aman
Satu hal yang menjadi pilihan adalah, layanan cloud hosting ini menawarkan tingkat keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan integritas data yang tinggi.

Cloud hosting juga menawarkan berbagai fitur unggulan yang bisa membantu membangun arsitektur website Anda menjadi lebih baik, sehingga Anda bisa menciptakan platform yang fleksibel, cepat dan lebih mudah diatur atau dikelola.

Website seperti apa yang cocok menggunakan cloud hosting? 

Ketika website yang Anda kelola masih dalam skala kecil atau menengah, pemakaian Shared hosting masih cukup memungkinkan untuk dipakai di website Anda.

Namun di saat website sudah mulai berkembang dan menjadi besar yang ditandai dengan semakin meningkatnya trafik, atau bisa juga Anda mengelola banyak website dalam satu akun shared hosting yang Anda miliki, tentu saja hal ini akan menyebabkan penurunan performa di website Anda yang menjadi kurang optimal.

Pada saat seperti ini, biasanya pengelola hosting akan menawarkan kepada Anda untuk beralih ke VPS. Sayangnya untuk mengelola VPS ini bukan hal yang mudah karena dibutuhkan keahlian khusus. Hal ini tentu bisa menyebabkan masalah jika Anda adalah pengguna awam.

Nah, solusi yang paling tepat untuk masalah tersebut adalah menggunakan cloud hosting.

Perbandingan Shared hosting dan cloud hosting

Nah, berikut ini adalah gambaran singkat mengenai perbedaan dan perbandingan antara Shared hosting dan cloud hosting

Kelebihan Shared Hosting
  • Harga murah dan lebih terjangkau. 
  • Pihak penyedia layanan hosting yang mengelola mulai dari keamanan, pembaruan, serta pengelolaan server.
Kekurangan Shared Hosting
  • Akses lebih lambat disebabkan banyaknya website yang berjalan di server yang sama.
  • Sumber daya terbatas dan masih banyak batasan lainnya.
  • Akibat penggunaan server yang bersamaan, seringkali terjadi masalah jika salah satu pengguna mengalami gangguan atau overload, maka pengguna lain di server yang sama bisa terkena dampak gangguan tersebut.
Kelebihan Cloud Hosting
  • Dengan penggunaan teknologi cluster, selalu ada backup jika terjadi masalah pada salah satu server.
  • Penambahan sumber daya bisa Anda lakukan disesuaikan dengan kebutuhan website Anda.
  • Disini Anda bisa mendapatkan performa server layaknya VPS namun dengan kemudahan pengelolaan seperti shared hosting.
  • Karena cloud hosting bersifat fully managed, Anda tidak harus memiliki kemampuan khusus untuk mengelolanya.
  • Tingkat keamanan lebih tinggi.
Kekurangan Cloud Hosting
  • Harga memang relatif lebih mahal.
Beberapa hal berikut ini wajib Anda pertimbangkan untuk migrasi ke cloud hosting, jika website yang Anda kelola sebelumnya memakai shared hosting. Atau dengan kata lain adalah kapan saat yang tepat untuk mulai berpindah ke cloud hosting?
  1. Di saat website Anda sudah memiliki trafik yang besar bahkan masif, sehingga sering tiba-tiba down karena overload, ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan migrasi ke cloud hosting.
  2. Jika website Anda di shared hosting rentan terserang virus atau hacker, sudah saatnya Anda memikirkan untuk berpindah ke cloud hosting yang memiliki tingkat keamanan, kontrol data dan integritas data yang tinggi
  3. Pada prinsipnya, jika performa website Anda mulai semakin menurun seiring meningkatnya popularitas website Anda, ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan cloud hosting.

Bagaimana dengan perkembangan layanan cloud hosting di Indonesia?

Jangan salah, saat ini di tanah air sudah banyak penyedia layanan cloud hosting, salah satu yang cukup recommended  adalah niagahoster dengan beberapa kelebihannya, seperti harga yang cukup terjangkau dengan berbagai paket-paketnya, memiliki infrastruktur cloud hosting yang menggunakan teknologi terbaru, serta beragam beragam fitur andalan lainnya seperti teknisi yang selalu support 24 jam 7 hari, layanan cPanel, free SSL, dedicated resource, auto backup, dan gratis domain.

Komentar

Popular

Green Store Template untuk Toko Online Blogspot Nuansa Hijau

2 Template Toko Online Blogspot Gratis Rasa Premium

Toko Online Blogspot Super Responsive dengan tukutoko THEME