Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Begini Cara Blog Bisa Meningkatkan Bisnis Online Kamu - Bersama Ardhosting

Blog competition ardhosting

Benar, Blog bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan bisnis online Kamu. Dengan catatan, jika dikelola secara tepat.

Nah, pertanyaannya sekarang bagaimana caranya? Pada tulisan kali ini, Saya akan menjelaskan poin-poin apa saja yang bisa Kamu terapkan pada blog Kamu, tentang cara memaksimalkan potensi blog untuk meningkatkan bisnis yang sedang Kamu kerjakan.

Meskipun di era sekarang konten berupa tulisan seperti blog sudah mulai berkurang atau menurun jika dibandingkan dengan konten berupa photo/gambar maupun video, namun jangan salah, robot perayap semacam Google bot, Bing bot, Yandex bot, dll. tetap hanya bisa memahami / membaca dalam bentuk text. Itulah mengapa dalam SEO, ketika kita mengunggah format video atau gambar selalu ditegaskan untuk menambahkan Tag Description. Di situlah fungsi Tag ini agar video ataupun gambar tersebut tetap bisa terbaca oleh mesin pencari / bot crawler.

Bahkan menurut hubspot, sekitar 40% dari responden survey mengaku tidak membaca blog. Artinya apa? Yaitu masih ada 60% orang yang membaca blog. Blog masih banyak menjadi pilihan dari orang² untuk mencari informasi yang bisa dipercaya. Blog juga bisa menjadi media informasi dan komunikasi yang murah bagi pemilik bisnis atau yang empunya produk.

Sampai disini bisa dipahami bahwa konten berupa tulisan seperti blog, masih sangat penting dan dibutuhkan. Nah, benang merahnya dengan topik tulisan kali ini adalah blog bisa sangat bermanfaat bahkan bisa jadi sangat penting untuk meningkatkan bisnis konvensional maupun bisnis online. Masih dengan catatan, jika dikelola dengan benar.

Selanjutnya, apa saja poin² yang dibutuhkan agar blog yang kita kelola bisa memberikan dampak yang siknifikan terhadap bisnis online kita?

Setidaknya ada 5 hal yang akan Saya uraikan pada tulisan kali ini.

  1. Mengoptimalkan Blog untuk Mesin Pencari.
  2. Membangun kepercayaan dengan Pembaca Blog.
  3. Menarik pelanggan baru.
  4. Membangun keterlibatan pembaca.
  5. Terkoneksi dengan media sosial.
Blog bisa meningkatkan bisnis online

Mengoptimalkan Blog untuk Mesin Pencari

Optimalisasi blog pasti selalu terkait dengan Search Engine Optimization (SEO). Apakah platform blog membawa pengaruh terhadap performa SEO? Jawabannya bisa ya bisa tidak. Karena balik lagi, semua dikembalikan ke admin blog sebagai pengelola. Jika admin blog paham benar mengenai optimasi SEO berdasarkan platform yang dipakai, maka hal tersebut tidak menjadi masalah.

Sebagai gambaran, sampai saat terakhir data yang berhasil tercatat, Wordpress (hosted/self hosted) masih menempati peringkat pertama CMS (Content Management System) terpopuler dengan persentase 39% dibandingkan CMS lainnya. Blogger hanya mendapat porsi 4%. Secara SEO pengguna Wordpress memang dimanjakan dengan bertaburnya pluggin SEO yang cukup mudah aksesnya dan bahkan bisa didapatkan dengan cuma². Jika tertarik mau mencoba ngeblog dengan Wordpress, Kamu bisa memulainya di Ardhosting yang sudah terbukti sebagai penyedia layanan Wordpess Hosting Terbaik dan Handal.

Konsep SEO yang tak pernah usang adalah Content is a King (konten adalah raja). Benar, sebagus apapun blog Kamu, se-SEO apapun juga, jika tulisan di blog Kamu tidak menarik, kurang informatif, tidak update dsb. maka dipastikan pengunjung tidak betah dan mustahil akan kembali berkunjung. Hal ini bisa memicu bounce rate (persentase pengunjung yang hanya mengunjungi 1 halaman dan pergi) yang tinggi sehingga bisa membuat skor SEO blog Kamu jadi jeblok. 

Untuk mengoptimalkan SEO blog, Kamu bisa membaca lebih jauh uraiannya DI SINI.

Membangun kepercayaan dengan pembaca blog

Tahapan ini sangatlah penting. Tujuannya adalah agar blog memiliki pengunjung loyal sebagai pelanggan yang akan selalu kembali ke blogmu ketika mencari informasi yang dibutuhkan, sebagai pilihan pertama. 

Kembali lagi ke poin pertama di atas, secara SEO ini juga sangat bagus, karena akan menjadi pengunjung organik yang terjadi secara natural. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Yang utama tentu saja blog Kamu harus memiliki konten yang bagus. Ingat idiom Content is a King. Pastikan konten yang kamu miliki, informatif, up to date, asli/original alias bukan copas, serta benar² dibutuhkan oleh orang (bukan bot). Kuncinya, buatlah konten yang bisa menjawab kebutuhan pembaca blog Kamu. Tentu saja ini juga dibutuhkan pemikiran dan konsep yang mendalam untuk mewujudkannya.

Belajarlah menulis dengan baik dan menarik sehingga mampu memancing pengunjung blog agar betah berlama² membaca dan singgah di blog mu. Sangat bagus jika akhirnya ada feedback dari pembaca mengenai konten yang sedang mereka baca. Feedback bisa melalui kolom komentar atau kontak langsung via email atau platform kontak lainnya.

Prinsipnya, jangan pernah menulis sesuatu yang menyesatkan pembaca, sekali kepercayaan pembaca terenggut, sudah tidak ada lagi jalan buat mereka untuk kembali mengunjungi blog kita, tentunya sangat berimbas kepada entitas bisnis yang coba kita angkat.

Raih kepercayaan pembaca blog dengan cara² yang benar dan alami, karena kepercayaan dengan dasar seperti inilah yang akan bertahan lama. Jika dihubungkan dengan bisnismu, pastinya juga akan berimbas pada peningkatan kepercayaan terhadap entitas bisnis yang selanjutnya akan mengarah pada reputasi bisnis yang baik pula.

Menarik Pembaca sebagai Pelanggan Baru

Apa yang dimaksudkan dengan menarik pelanggan baru? Bukankah ini blog?

Benar ini adalah sebuah blog, namun jika Anda memahami konsep newsletter maka akan lebih mudah untuk memahami hal ini.

Newsletter via email
Contoh Newsletter via email

Dengan beberapa tips, pengunjung bisa menjadi pelanggan konten blog kita. Yang biasanya dilakukan para blogger adalah, mereka memastikan bahwa di blognya sudah tersedia tool untuk berlangganan konten blog melalui email. Atau bisa juga melalui no whatsapp, dan newsletter bisa dikirimkan pula melalui kontak yang dibagikan secara sukarela oleh pelanggan sehingga secara rutin bisa mendapatkan kiriman konten setiap kali ada penerbitan baru.

Cara ini cukup ampuh dipakai sebagai cara² pemasaran berbagai macam produk, karena informasi produk langsung tersampaikan kepada orang yang dituju.

Karenanya, pastikan bahwa di setiap konten blog yang Kamu buat, selalu ada ajakan untuk bergabung sebagai anggota untuk berlangganan konten. Permudah akses untuk mencapai dan memanfaatkan fitur daftar sebagai pelanggan konten blogmu,

Subscribe newsletter
Contoh tool Subcribe newsletter


Membangun Keterlibatan Pembaca

Umpan balik atau feedback dari pengunjung blog, terutama jika itu adalah konten produk atau jasa, sangatlah dibutuhkan sebagai bahan evaluasi. Salah satunya adalah untuk memeriksa apakah informasi dari konten blog yang dibagikan kepada pembaca bisa dipahami, bisa dipercaya atau malah sebaliknya.

Keterlibatan pembaca tidak bisa serta merta terjadi, jika sarana pendukungnya tidak tersedia. Seperti tertutupnya kolom komentar, tidak adanya info kontak dan seterusnya. Pastikan hal² seperti itu mudah diakses dan gampang diekseskusi.

Jika konten blog Kamu benar² bisa menjawab kebutuhan para pembaca, pastinya akan banyak umpan balik yang masuk. Semua masukan umpan balik, baik itu positif maupun negatif adalah sebuah keuntungan, karena bisa dijadikan sebagai sumber data sebagai bahan evaluasi, apalagi jika itu menyangkut sebuah produk, maka itu bisa menjadi masukan yang sangat bagus dan.. gratis.

Terhubung dengan Media Sosial

Di era sekarang, media sosial bisa menjadi kunci untuk menjadikan sebuah konten menjadi viral atau setidaknya tersebar dengan cepat.

Tombol berbagi medsos
Tombol berbagi medsos

Pastikan konten blogmu memiliki akses yang terhubung dengan media sosial. Buatlah akses yang mudah dan jelas untuk berbagi ke media sosial, sehingga siapapun pengunjung yang bermaksud membagikan konten blogmu, bisa dengan mudah melakukannya. 

Semakin banyak blogmu terkait dengan kemudahan akses berbagi ke media sosial manapun, akan semakin bagus. Kita tidak pernah tahu preferensi medsos mana yang akan dipilih oleh pengunjung blogmu untuk berbagi konten.

Pada saat ini, medsos tak ubahnya seperti ruang iklan yang sangat luas dengan audien yang tak terbatas. Jika bisa dimanfaatkan dengan tepat, maka akan bisa menjadi media promosi yang sangat bagus dan lagi²... gratis di sebagian besarnya.


Salah satu contoh perusahaan yang memanfaatkan blog untuk menaikkan lini usaha bisnisnya adalah IBM, Kamu bisa cek Di sini. Melalui blognya IBM bisa menjawab semua kebutuhan informasi pelanggannya baik itu mengenai AI (kecerdasan buatan), sistem keamanan, insfrastruktur cloud, operasi bisnis dan hal lainnya yang terkait dengan lini produksi IBM. 

Ada lagi contoh blog dari entitas usaha tanah air yaitu dari Ardhosting, Kamu bisa mengunjunginya Di sini. Melalui blognya, Ardhosting bisa dengan lugas menjelaskan berbagai hal yang terkait dengan lini usahanya secara lebih gamblang dan mudah dipahami. Kamu juga bisa mendapatkan informasi berupa web hosting terbaik dan termurah di Indonesia dari sini.


Posting Komentar untuk "Begini Cara Blog Bisa Meningkatkan Bisnis Online Kamu - Bersama Ardhosting "