Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Jadi Seller di Blibli.com Ternyata Bisa Cuan Juga

Jadi Seller blibli.com tetap bisa Cuan

Sejak maraknya marketplace beberapa tahun belakangan sebagai tempat jualan online dan menjadi seller online, Blibli.com belum pernah sekalipun menjadi pilihan. Ada beragam alasan yang mendasari hal ini. Utamanya tentu saja karena sudah adanya Marketplace hijau dan oranye yang sejak awal hingga saat ini kerap mendominasi dan menjadi mainstream di jagat marketplace tanah air. Dan akhirnya menjadi pilihan utama.

Sampai suatu saat iseng² memeriksa daftar peringkat marketplace di Indonesia. Dan ternyata cukup mengejutkan Saya, karena dari beberapa survey, Blibli selalu masuk peringkat 5 atau 6 besar top marketplace di Indonesia, bahkan ada dari salah satu survey yang sempat menempatkan Blibli di peringkat ketiga dengan kategori tertentu. 

Sedangkan dari data terbaru rata-rata kunjungan ke Blibli adalah sekitar 16 juta pengunjung per bulan. Waow, ternyata cukup banyak juga, kalau dirata-rata jumlah pengunjung hariannya adalah lebih dari setengah juta. Tentu saja ini adalah kabar baik untuk para penjual online, karena ternyata Blibli cukup menjanjikan alias punya potensi yang cukup besar untuk meraih cuan dari sini.

Peringkat marketplace indonesia 2021
Sumber : katadata.co.id

Nah, berdasarkan data statistik tersebut, Saya mulai terusik untuk mencoba peruntungan berjualan melalui marketplace besutan dalam negeri ini.

Selain itu, gencarnya iklan melalui media sosial yang cukup masif dan provokatif juga meyakinkan Saya untuk memulai menjajal berjualan online di marketplace ini. 

Akhirnya, sekira pertengahan bulan mei 2022, Saya resmi menjadi seller di Blibli, meski sempat sedikit bingung pada saat proses registrasi karena belum begitu familiar dengan aplikasi Blibli seller, pada akhirnya, proses registrasi tidak menemui kendala yang cukup berarti. Proses untuk menjadi seller yang verified pun hampir mirip dengan proses verifikasi di marketplace² lainnya, seperti melengkapi dokumen pribadi, pengisian form toko, dll.

Kelebihan menjadi seller di blibli.com yang tidak ditemukan di marketplace lainnya.

Setelah teregistrasi, ternyata baru tahu ada beberapa keuntungan menjadi seller disini. Lebih tepatnya ada 2 kelebihan dan keuntungan utama menjadi seller di Blibli.com dibandingkan di marketplace sejenis lainnya, yaitu :

  • Mendapatkan saldo bliklan secara cuma². Bahkan saldo Bliklan bisa didapatkan hingga mencapai lebih dari 5 juta rupiah, hanya dengan melengkapi semua tahapan proses seller yang disyaratkan hingga terpenuhi. Nah, asyiknya lagi saldo Bliklan ini langsung bisa dipakai untuk beriklan di Blibli. Lumayan juga khan.

    Terakhir kali saldo Bliklan yang Saya dapatkan sudah mencapai 800 ribuan sebelum dikurangi dengan penggunaan kampanye iklan yang sudah mulai Saya jalankan.


Saldo Bliklan
Saldo Bliklan


  • Seller baru mendapatkan pendamping resmi dari Blibli atau sebutan resminya adalah PIC, dan PIC ini real manusia, bukan bot. Tugasnya adalah membantu dan memandu seller untuk memahami konsep berjualan dengan benar di Blibli ini untuk memaksimalkan penjualan selama beberapa bulan. Gambarannya mirip² dengan Customer Service di perusahaan², namun peruntukannya secara khusus hanya melayani langsung seller yang sudah ditentukan.

    Sepertinya PIC ini memang ditugaskan secara khusus untuk menangani beberapa seller baru berdasarkan kategori. Tentu saja, asisten seller ini sangat banyak membantu Saya sebagai seller baru di Blibli. Saya bisa langsung menanyakan perihal apapun yang terkait dengan penjualan di Blibli melalui whatsapp kepada PIC.

Ada lagi sebenarnya beberapa keuntungan menjadi seller di blibli, meskipun ini juga ada di beberapa marketplace lain, yaitu sistem edukasi seller, baik model² berupa pelatihan daring maupun luring, dan ini digelar secara rutin oleh tim manajemen pusat edukasinya.

Pusat edukasi blibli
Pusat edukasi Blibli


Jika ingin sekedar kepoin medsos Blibli Seller dan mendapatkan informasi secara langsung, Kamu bisa follow dan cek Instagram maupun tiktoknya disini :

Cuan Pertama setelah resmi menjadi seller di blibli.com

Paling tidak, butuh waktu sekitar seminggu untuk membiasakan diri dengan berbagai fitur jualan yang ada di blibli seller ini. Sembari jalan, pelan² Saya sudah mulai memahami konsep berjualan di aplikasi Blibli seller ini. 

Sekitar 1 minggu setelah semua item produk terupload dengan benar, trafik pengunjung atau calon pembeli mulai bisa terlihat, apalagi ketika sudah mengaktifkan fitur promosi, dengan cara beriklan memanfaatkan saldo bliiklan gratis, trafik terlihat mulai menanjak.

Hingga akhirnya, genap 4 mingguan, pecah telor juga, dengan adanya orderan pertama kali melalui marketplace ini. Cukup surprised saat mengalaminya, karena tidak menyangka bisa secepat itu. Mengingat produk yang toko Saya jual adalah segmented dan termasuk kategori barang khusus dengan kisaran harga yang cukup tinggi.

Orderan pertama di Blibli.com
Orderan pertama


Sedikit tidak menyangka, ternyata dengan berjualan di Blibli.com selain bisa merasakan beberapa keuntungan sebagai sellernya, pun produk jualan Saya yang segmented ini bisa laku lumayan cepat, kalau orang² bilang, "bisa cuan juga akhirnya", hehe.

Pada saat proses transaksi, fitur untuk pemrosesan transaksi di aplikasi Blibli seller cukup membantu mempermudah dalam pengoperasiannya, sehingga bisa dikatakan tidak ada kendala yang berarti meskipun baru pertama menggunakan. Seperti mulai dari proses penerimaan order, hingga pengiriman barang ke kurir tidak ada masalah sama sekali. Sampai dengan akhirnya barang bisa diterima dalam keadaan baik oleh pembeli dan dana akhirnya bisa cair alias cuan.

Selepas cuan pertama ini, tidak butuh waktu lama, orderan kedua, ketiga dan seterusnya mulai menyusul.

Hingga saat ini Saya masih terus belajar memaksimalkan penjualan di Blibli ini. Beberapa jalan untuk mencapainya adalah dengan mencoba mengikuti kelas² gratis baik daring maupun luring yang diselenggarakan oleh pusat edukasi Blibli ini. 

Tertarik juga untuk jualan melalui Blibli.com? Kamu bisa memulainya dengan buka toko Kamu sendiri DISINI.

#PastiUntungPastiBlibli #BlibliSeller #BlibliBlogCompetition #PastiMer11ah

Posting Komentar untuk "Jadi Seller di Blibli.com Ternyata Bisa Cuan Juga"