Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Tips SEO Blogspot untuk Blogger

SEO Blogspot untuk Blogger: Tips dan Triknya. Jika berbicara mengenai SEO Blogspot, maka yang paling utama diperhatikan adalah mengenai optimasi pada SEO Onpage nya. Meski SEO Offpage juga masih sangat penting dan dibutuhkan juga.

SEO Onpage bisa diistilahkan sebagai kesehatan fisik dan mental dari sebuah blog. Jika Blog secara fisik dan mentalnya sudah oke, maka untuk optimasi secara eksternal (baca : SEO Offpage) akan lebih mudah dilakukan dan lebih mudah mencapai keberhasilan.

Nah berikut ini adalah 9 tips dan trik SEO Blogspot untuk Blogger yang sudah saya rangkum dan sangat mudah diterapkan untuk blogspot anda.

DAFTAR ISI
    1. Mengatur Format Blogger Post URL Link
    2. Mengatur Kerapatan Keyword
    3. Label dan Post terkait yang sesuai
    4. Format Judul Posting
    5. Mengatur Format Gambar menjadi Lebih SEO
    6. Memasang Meta Tag
    7. Memakai Judul, Deskripsi dan Footer Text yang tepat
    8. Nofollow eksternal Link yang tidak Sesuai
    9. Mengatur format komentar
Tips SEO Blogspot

1. Format Blogger post URL link (mengatur Permalink)

Permalink memainkan peranan penting untuk pemeringkatan pada search engine dari posting blog anda. Terdapat beberapa hal yang harus anda perhatikan mengenai permalink pada blogspot agar bisa memenuhi aturan dari search engine (google) itu sendiri:

  • Maksimal jumlah karakter pada judul post adalah 50
  • Hapus Stop words dari permalink (misal: dari, untuk, sebuah dll.)

Jadi, ketika menulis sebuah blog, anda harus memiliki opsi untuk mengedit permalink. Bisa secara sederhana anda gunakan untuk mengedit permalink anda dan juga bisa langsung membuang stop words yang ada. Ide yang bagus lagi adalah dengan hanya menggunakan kata kunci dalam permalink. Namun usahakan agar tidak terlihat sebagai spam.

Pengaturan permalink blogspot bisa anda baca di : Mengubah dan mengatur Permalink di Blogspot

2. Mengatur kerapatan keyword

Kerapatan keyword merupakan aspek penting untuk mendapatkan peringkat pengindeksan yang lebih baik. Terlalu sedikit akan membuat peringkat berkurang dan penempatan Keyword anda yang cukup akan meningkatkan optimisasi SEO.

Secara umum dan sering dipakai oleh blogger pada saat posting, keyword akan ditempatkan pada judul, deskripsi dan footer atau bisa juga di awal, tengah dan akhir dari posting.

Baca : Tips Posting Disukai Google Search Engine

3. Label dan post terkait yang sesuai

Label juga mempengaruhi widget posting terkait pada Blogger. Dan jika ada banyak post dengan tag (label) yang sama, ini akan sangat berpengaruh pada pengaturan dan penempatan dari posting terkait tersebut.

Widget telated post atau posting terkait sangat tergantung dengan label di blogspot ini. Sedangkan posting terkait sangat bisa membantu menurunkan bounce rate dari sebuah blog. Jadi tempatkanlah label pada posting yang sesuai, sehingga benar-benar antara satu artikel dan lainnya menjadi saling terkait.

4. Format Judul Posting

Ketika membahas SEO Blogspot, maka  judul post memainkan peranan utama. Judul posting blogger biasanya diikuti oleh Judul Homepage. Perhatikan format judul yang terlihat seperti screen shot berikut :
format judul posting blogspot

Judul post adalah “city of (long-distance ) Love! ”. Tetapi judul dimasukkan dengan judul homepage ” Still in Berlin ”, maka ini bisa merusak SEO pada judul artikel. Berikut ini adalah cara membetulkan hal tersebut.

Ke dashboard Blogger >> Template >> klik edit HTML > Cari kode berikut ini:

title><data:blog.pagetitle/></title>

kemudian ganti dengan kode berikut ini

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Nah, sekarang setiap halaman posting akan memiliki judul postingnya sendiri.

Baca : Membuat Judul Posting Blog SEO Friendly

5. Format Gambar Blogspot menjadi lebih SEO

Tukang toko online sudah membagikan artikel mengenai bagaimana cara membuat gambar di blogspot menjadi lebih SEO Friendly. Gambar di blogspot pun bisa dioptimasi menjadi lebih SEO Friendly.

Baca caranya di artikel ini :  Cara Membuat Gambar SEO Friendly di Blogspot

6. Pasang meta tags

Meta tags menghasilkan tag HTML yang digunakan oleh search engines untuk mengindentifikasi Judul, deskripsi dan rincian lainnya dari sebuah link atau URL. Mereka tidak memiliki banyak pengaruh pada pencarian seperti sebelumnya, namun memiliki efek yang cukup siknifikan untuk pentargetan keywords anda.

Selengkapnya silakan baca : Meta Tag, Pengertian dan Cara Memasangnya

7. Menggunakan Judul, deskripsi dan footer teks yang tepat

Judul, footer dan deskripsi pada posting memainkan peranan penting pada optimasi mesin pencari (SEO) di setiap blog. Jika anda mentargetkan beberapa keywords, pastikan bahwa anda memasukkan beberapa keywords di ketiga lokasi tersebut dengan tepat.

8. Nofollow semua eksternal links

Nofollow merupakan atribut HTML yang menentukan hyperlinks melakukan block pada mesin peramban agar tidak meneruskan merambani link keluar pada blog Anda. Pada Blogger, di mode HTML, Anda bisa menambahkan kode rel=”nofollow” pada script link.

Atau bisa juga mengatur properti fitur link dari blogspot seperti screen shot berikut ini:
fitur nofollow blogspot

9. Format komentar

Jadikan setiap link yang muncul pada komentar adalah no-followed dan sebaiknya dimoderasi untuk menghindarkan komentar SPAM. Cobalah untuk memasukkan kata kunci postingan ketika anda sedang membalas komentar dari pengunjung blog Anda. Hal ini bisa meningkatkan kerapatan keyword pada posting blog yang anda buat..

Ke sembilan Tips SEO Blogspot tersebut bisa anda terapkan dengan cukup mudah, karena hampir semua tips tersebut sudah terdapat fiturnya pada blogspot. Jadi untuk melakukan optimasi SEO Blogspot anda, sepertinya bukan hal yang menyulitkan lagi.

15 komentar untuk "Tips SEO Blogspot untuk Blogger"

  1. The tips for SEO is very useful for me to increase my page ranking.
    http://infofaces.com/telecom-analytics-company/

    BalasHapus