Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

THEME SHOP - Tukang Toko Online
Jasa Review

Tips Posting Disukai Google Search Engine

Algorithma terbaru google pencari saat ini memfokuskan pada kualitas konten, dalam hal ini adalah kualitas posting dari sebuah website. Nah, diperlukan beberapa tips penting agar posting disukai google. Beberapa tips di bawah ini patut Anda perhatikan ketika akan dan sedang memulai membuat sebuah postingan baru. Tujuannya tentu saja agar lebih disukai oleh mesin pencari utama yang menguasai lebih dari 80% sistem pencarian di muka bumi ini, yaitu Google. Berikut beberapa poin penting membuat posting yang berkualitas yang Tukang Toko Online sarikan dari mybloggertricks.com.
posting berkualitas SEO friendly

Sebelum Menulis Sebuah Postingan

1. Pilihlah sebuah topik dengan seksama

Topik sebuah tulisan adalah hal yang sangat penting dari keseluruhan isi konten yang akan Anda buat. Menjadi keharusan jika topik posting sesuai dengan yang diinginkan oleh pengakses situs yang Anda tuju. Pastikan untuk unik dan asli, dan bisa memberikan sebuah poin penting dari pengunjung artikel Anda tersebut.

2. Periksalah pesaing topik posting Anda lebih dulu

Anda bisa mengetahui beberapa hal dengan memeriksa tingkat kompetisi dari topik yang Anda pilih tersebut, misalnya, strategi pesaing Anda, apa yang mereka lakukan dengan posting mereka dan yang paling penting, apa isu paling panas yang sedang dibahas oleh pesaing Anda. Dengan demikian hal ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda untuk membuat sebuah tulisan yang berkualitas.

3. Periksa Tren terbaru

Pastikan Anda selalu mengikuti tren dan berita terbaru, utamanya yang berhubungan dengan topik tulisan Anda. Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui berbagai media sosial yang bertebaran. Kemudian cobalah menulis isu yang sedang hangat di bahas. Postingan mengenai sesuai yang sedang tren bukan hanya disukai pengunjung, namun juga bisa memberitahu search engine jika website anda sangat dinamis.

4. Riset Kata Kunci sebelum membuat posting.

Begitu anda mulai memutuskan untuk menulis sesuatu, Pastikan anda untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Jadi dibutuhkan pula kemampuan untuk bisa melakukan riset kata kunci ini. Google adalah jawabannya jika anda ingin belajar :D. Dipastikan, Anda pasti membutuhkan kata kunci untuk berbagai hal yang berbeda seperti, judul, meta descriptions, tags, dan sebagainya.

5. Bedakan menjadi penulis dan menjadi seorang blogger

Seorang blogger yang baik bisa menjadi seoarang penulis yang baik pula. Tetapi tidak berlaku sebaliknya. Seorang penulis yang baik mungkin tahu bagaimana menulis untuk pembacanya, namun seorang blogger harus lebih tahu bagaimana menulis untuk mesin pencari. Untuk menjadi seorang blogger yang baik, anda perlu mengadopsi sebuah teknik gaya penulisan, tetap melakukan pendekatan yang konsisten, dan banyak lagi yang lainnya.

6. Direkomendasikan Membatasi Kata

Sebenarnya tidak ada batasan kata dari sebuah posting blog yang ideal. Karena semuanya tergantung dari topik bahasan posting anda juga. Namun para ahli SEO setuju dengan jumlah minimum 300 kata untuk menghindari penalti dari google. Yang biasa direkomendasikan adalah antara  500-700 kata. Jumlah ini sudah cukup untuk menjabarkan topik bahasan anda dan tidak menghilangkan poin pentingnya, juga tidak  terlalu panjang dan terlalu singkat. Karena jika terlalu panjang juga akan membosankan pembaca Anda.

Saat Menulis Posting

7. Judul Posting adalah Raja!

Judul sangat penting bagi sebuah posting blog, karena judul inilah yang akan membawa klik pengunjung ke situs Anda. Mengoptimalkan judul Post adalah sebuah bagian dari menjadi seorang blogger yang handal.

8. Optimasi Permalink

Tetaplah berusaha memakai permalink yang singkat. Gunakan custom permalinks sekitar 4-5 kata dan pisahkan perkata dengan "-". Pastikan anda juga menyertakan Kata Kunci yang sangat penting di dalam permalink (keyword fokus Anda).

9. Intro Posting dengan Kata Kunci (keyword)

Buatlah sebuah paragraf pembuka posting anda (bisa berisi kalimat basa-basi), namun pastikan Anda menaruh atau memasukkan kata kunci di dalam paragraf pembuka tersebut. Tidak masalah seberapa banyak kata kunci yang anda gunakan di dalam konten, namun pastikan anda memasukkannya di awal paragraf

10. Pemakaian Headings dan subheadings

Selalu guakan kombinasi heading. Biasanya judul blog adalah H1, Judul Post  biasanya H2. Gunakan juga kombinasi H3 dan H4 dalam posting Anda untuk menentukan hirarki di dalam sebuah konten tulisan Anda.

11. Typography

Typography mengacu pada gaya dari konten anda. Hal ini hampir sama pentingnya dengan konten itu sendiri. Cobalah menggunakan warna heading yang berbeda; gunakan italic (huruf miring) dan bold (huruf tebal) untuk menekankan kata kunci Anda. Anda juga bisa mengatur aligment kontent anda, seperti membuat menjadi rata kanan kiri atau rata kiri saja.

12. Deskripsi Meta (Meta descriptions)

Meta description adalah Bagian kedua yang sangat penting dari postingan Anda (Sesudah judul posting), karena inilah yang akan dilihat user di search engine (selaras dengan judul posting Anda). Tulis deskripsi singkat sekitar 170-180 karakter, dan pastikan untuk memasukkan semua kata kunci (keyword) penting.

12 tips posting tersebut jika bisa dilakukan dengan seksama, kemungkinan untuk mendapatkan SERP terbaik akan sangat terbuka, dan harapan agar posting masuk di halaman pertama pencarian Google akan sangat terbuka lebar juga. Selamat mencoba..

3 komentar untuk "Tips Posting Disukai Google Search Engine"

  1. Kalo setau ane untuk sekarang konten memang raja seo hehe, bikin konten yang berkualitas lebih panjang lebih baik. Insya allah serp nya melejit ke halaman pertama

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bermanfat bagi pemula seperti saya. Jadi pada intinya buatlah kontent yang berkualitas dengan hirarki yang baik ya min.

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak juga ya tahap-tahap agar supaya artikel di sukai google, sangat bermanfaat min untuk sya yang sedang belajar ilmu seo.

    BalasHapus